2013/08/18

Setting dan Konfigurasi Net-Limiter Pro 3 untuk Windows 7 (Server dan Klien)

Setting dan Konfigurasi Net-Limiter Pro 3 untuk Windows 7 (Server dan Klien) - Artikel saya tulis ini untuk admin warnet yang ingin membatasi dan mengatur bandwith tanpa mikrotik. Dengan menggunakan Net Limiter Pro 3, anda bisa mengatur konsumsi bandwith client warnet secara keseluruhan maupun per aplikasi. Misalkan saja, anda ingin membatasi bandwith aplikasi Internet Download Manager di komputer klien.

Pembatas Bandwith: Net Limiter Pro 3
Untuk Tutorial Konfigurasi Net-Limiter Pro 3 untuk Windows 7 kali ini saya asumsikan anda sudah menginstall Net-Limiter Pro 3 dan sudah full version alias sudah ter-lisensi/registrasi, baik di komputer server maupun di komputer klien warnet anda. Ada dua bagian setting yang perlu anda lakukan. lebih jelasnya ikuti panduan di bawah:

Setting Net Limiter Pro 3 di Komputer Klien Warnet

Setting / Konfigurasi untuk komputer klien, sedikit berbeda dengan setting / konfigurasi di komputer server. Perbedaannya adalah dalam hal hak/priviliges dalam mengatur bandwith dan akses ke aplikasi Netlimiter Pro 3 termasuk me-remote dari komputer server. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka jendela aplikasi NetLimiter 3 Pro dengan cara dobel klik pada ikon NetLimiter di System Tray. Atau Start > All Program > Net Limiter 3 > Net Limiter 3
  • Perhatikan pada bagian toolbar Netlimiter ada option "Blocker, Limiter dan Stats", hilangkan centang pada ketiga option tersebut. Kemudian pada opsi "Units:" pilih "kB"
  • Untuk mencegah user warnet mengetahui bahwa ada aplikasi Net Limiter yang berjalan di background/latar-belakang, maka anda perlu menyembunyikannya dengan mengatur visibilitas aplikasi ini. Caranya, klik "Options" pada toolbar NetLimiter. Di jendela Options yang muncul, klik pada tab Client kemudian hilangkan centang pada Opsi "Check for new version, Show Tray Icon, Close to Tray dan Minimize to Tray" lalu klik tombol Apply atau Save dan tutup jendela Options. Dan jangan lupa hapus juga folder NetLimiter 3 Pro dari Start Menu
  • Kemudian klik "Permissions" pada toolbar NetLimiter. Di jendela Permission Editor yang muncul, pastikan bahwa Account yang terdapat pada daftar di kolom minimal ada 4 (secara default). Jika komputer klien anda memiliki User Account lebih dari satu, maka Account yang terdapat pada daftar di kolom Account pasti lebih dari 4. Tutup jendela Permission Editor tanpa mengubah setting apapun.
Selanjutnya, Anda perlu mengatur agar aplikasi ini bisa diatur dari Netlimiter Pro yang terinstall di komputer server dengan mengatur DCOM pada komputer klien. Caranya:
  • Buka jendela "Local Security Policy" melalui perintah di RUN dengan cara menekan tombol "Windows + R" pada keyboard lalu ketikkan "secpol.msc" tanpa tanda kutip dan tekan Enter. Di jendela "Local Security Settings" expand ke bagian "Local Policies > Security Options", lalu dobel klik pada "Accounts: Limit local account use of blank passwords to console logon only" yang ada di kolom sebelah kanan dan pilih Disable lalu klik OK dan tutup jendela "Local Security Settings".
  • Lanjutkan dengan membuka Windows Explorer lalu klik "Organize > Folder and search options..." yang ada di bagian Menubar. Di jendela "Folder Options", klik pada tab View kemudian geser scrollbar ke paling bawah dan hilangkan centang pada "Use sharing wizard (Recommended)" lalu klik OK.
  • Langkah Selanjutnya, buka jendela "Component Services" dengan mengetikkan perintah "dcomcnfg.exe" pada RUN (Windows + R)dan tekan Enter. Di jendela "Component Services", expand "Component Services > Computers > My Computer > DCOM Config > NlSvc". Klik kanan pada "NlSvc" dan pilih Properties lalu di jendela "NlSvc Properties" yang muncul klik pada tab "Endpoints" dan klik tombol "Add". Di jendela "Select DCOM protocol and endpoint" yang muncul, pilih "Use static endpoint" dan isikan nilai 4000 kemudian klik OK dan OK lagi. Kemudian tutup jendela "Component Services".

Setting Netlimiter Pro 3 di komputer klien selesai. Sekarang Anda bisa melanjutkannya dengan meng-konfigurasi Netlimiter Pro 3 di komputer server warnet anda.

Setting dan Konfigurasi Net Limiter Pro 3 di komputer Server Warnet

Seperti yang saya katakan sebelumnya, setting Netlimter untuk komputer server berbeda dengan setting di komputer klien. Untuk mengatur/meng-konfigurasi cukup singkat, ikuti langkah berikut:
  • Buka jendela aplikasi NetLimiter 3 Pro dengan cara dobel klik pada ikonNetLimiter di System Tray. Atau Start > All Program > Net Limiter 3 > Net Limiter 3
  • Perhatikan pada bagian toolbar Netlimiter ada "Blocker, Limiter dan Stats", hilangkan centang pada ketiga bagian tersebut. Lalu pada bagian "Units:" pilih "kB".
Dua Langkah di atas sama dengan pengaturan untuk komputer klien. Dan inagt, jangan lanjutkan pengaturan seperti di komputer klien. Selanjutnya Anda tinggal me-remote Netlimiter Pro 3 di komputer klien dari Netlimiter pro 3 di komputer server.

Cara Me-remote Net Limiter Pro 3 dari Komputer Server Warnet / Operator

Pada cara me-remote Net Limiter Pro 3 dari komputer server / operator, saya berikan contoh dalam mengatur dan membatasi bandwith aplikasi Internet Download Manager (IDM). Ini hanya contoh saja, anda bisa menerapkannya ke aplikasi apapun yang ada di komputer klien.
  • Buka aplikasi NetLimiter di komputer Server / Operator, lalu klik pada menu "File > Remote Connect...".
  • Di jendela "Remote Admin" yang muncul, isikan informasi yang dibutuhkan pada kolom "Host Info". Address: isikan alamat IPkomputer Client, User: Isikan nama User Account Administrator komputerClient dan Auto Refresh: Bisa kita gunakan atau tidak(jika ingin kita gunakan, centang lalu pilih waktu yang diinginkan[saran saya sebaiknya gunakan fungsiAuto Refresh dan pilih waktu 1s]). Setelah selesai mengisi kolom "Host Info", klik tombol Connect maka otomatis akan muncul jendela "Logon User", langsung klik OK.
  • Jika koneksi berhasil, maka komputer Client akan masuk dalam daftar pada kolom "Recent Hosts" dan semua proses serta aplikasi yang berjalan akan terpantau dalam kolom "Node View" pada NetLimiter komputer Serversebagaimana tampilan "Node View" pada NetLimiter komputer Client itu sendiri.
  • Selanjutnya temukan dan sorot pada aplikasi Internet Download Manager yang terdapat di kolom "Node View". Lalu klik angka yang tertera pada bagian "DL Limit" untuk membatasi kecepatan Download, maka otomatis akan terbuka kotak "Dialog Set Limit", isikan nilai yang kita inginkan dan centang pada bagian "Enabled" lalu klik tombol Save. Lalu klik angka yang tertera pada bagian "UL Limit" untuk membatasi kecepatan Upload, maka otomatis akan terbuka kotak "Dialog Set Limit", isikan nilai yang kita inginkan dan centang pada bagian "Enabled" lalu klik tombol Save. Aktifkan fungsi limiter dengan cara mencentang opsi "Limiter" yang ada pada toolbar NetLimiter
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, berarti kita telah meremote dan membatasi kecepatan pada aplikasi Internet Download Manager sementara kecepatan Mozilla Firefox yang digunakan untuk mengakses Facebook danprogram lain yang juga membutuhkan akses internet tidak kita batasi sehingga masih terasa cepat akses internetnya

Sebelumnya saya juga pernah memakai Bandwidth Controller untuk mengatur trafik data dalam jaringan yang lebih simpel dan tanpa harus install di setiap klien.

1 komentar

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan