2013/08/01

Peringatan dari Blogger untuk Konten (Microsoft) yang Melanggar DMCA

Peringatan dari Blogger untuk Konten (Microsoft) yang Melanggar DMCA - Baru Kali ini saya merasakan pukulan telak dari DMCA yang diberlakukan di Amerika Serikat tahun 1998 dan ramai di perbincangkan di Internet 2 tahun yang lalu (dengan UU SOPA dan PIPA yang batal di berlakukan), pahit. Ada satu postingan saya yang memang layak untuk di permasalahkan, judulnya "Windows 8 & Server 2012 Profesional Juga Bocor, Checksum dan Cara Install" yang saya publikasikan 09 Agustus 2012 (hampir setahun yang lalu dan baru dilihat sebanyak 3137 kali) yang otomatis menjadi Draf.

Dan saya yakin ini efek dari Microsoft yang mulai mengontrol Hak Ciptanya dengan menyewa agen khusus untuk membabat habis seluruh konten bajakan dengan melaporkan-nya ke halaman pengaduan DMCA google (lihat berita ini di kompas, detik dan okezone). Informasi ini selain saya dapatkan dari email pemberitahuan, juga ada di bagian DMCA Complaint atau Laman keluhan DMCA. Lihat screenshoot-nya:


Dari beberapa blog milik blogger indonesia yang curhat soal Peringatan dari Blogger untuk Konten yang Melanggar DMCA yang didapatkannya, terlihat bahwa mereka mengakui kalau konten blog yang dihapus oleh google adalah hasil SALIN dan TEMPEL (alias copy paste) halaman blog orang lain. Jadi, jangan pernah sekali-sekali meng-copy-paste blog orang lain.

Ganasnya Microsoft membasmi Konten Bajakan Miliknya


Berbeda dengan peringatan yang saya dapatkan baru-baru ini (30 Juli 2013 19.08), saya mendapatkan perigatan karena telah dianggap melanggar hak cipta perusahaan milik Bill Gates yang 'Dermawan': Microsoft :p. Posting saya juga kena sweeping. Lihat cuplikan pesan yang saya terima:

Informasi Pihak yang Mengajukan Keluhan:

07/30/2013

Informasi Penerima:

Google, Inc. (Blogger)
Mountain View, CA USA

Pemberitahuan Pelanggaran untuk Blogger:

Pemilik Hak Cipta
Microsoft Corporation

Deskripsi karya berhak cipta
Windows 8

Lokasi materi yang melanggar
http://knoacc.blogspot.com/2012/08/Windows-8-Poffesional-Server-2012-Profesional-Juga-Bocor-Checksum-Cara-Install.html

Dan tahukah anda, bahwa isi postingan tersebut TIDAK MENYERTAKAN LINK DOWNLOAD WINDOWS BAJAKAN? tetapi, saya anggap saya salah karena TELAH MENG-INFORMASIKAN SITUS YANG MENYEDIAKAN KONTEN WINDOWS BAJAKAN tersebut, saat itu WinUnlekaed.info yang sudah di take-down juga oleh Microsoft. Daripada nanti malah jadi ruwet urusannya, mending saya diamkan. Dan untuk berjaga-jaga agar tidak kena semprot lagi, akhirnya saya jadikan draf beberapa posting berkaitan dengan Microsoft yang mirip dengan posting yang dilaporkan, karena di surat elektronik (e-mail) yang di kirimkan oleh google tertulis dengan jelas "Pelanggaran berulang terhadap Persyaratan Layanan kami dapat mengakibatkan tindakan lebih lanjut terhadap akun Blogger termasuk menghapus blog dan/atau menghentikan akun Anda".

Tips Menghindari Blog dihapus karena melanggar DMCA


Dan untuk sesama blogger ada tips untuk menghindari efek berantai dari postingan yang di take-down, anda perlu mengecek secara berkala bagian DMCA Complaint atau Laman keluhan DMCA dengan meng-klik tautan yang ada di Dasbor Blogger. Sehingga anda bisa mengecek dan langsung melakukan counter attack jika merasa POSTING ANDA ORISINIL BUATAN ANDA SENDIRI. Sehingga konten anda bisa anda publikasikan ulang. Dan jika konten yang anda publikasikan memang menyalahi, lebih baik diamkan dan cari postingan yang serupa dengan postingan yang di adukan agar tidak terjadi hal yang sama kedua kali.

Mari berbagi secara sehat, sertakan sumber jika meng-kopi paste blog orang lain dan mintalah izin untuk merepublish terlebih dahulu. Satu lagi, jangan pernah mempublikasikan artikel/posting Software Bajakan (khususnya milik Microsoft atau software populer lain). Dijamin, TIDAK AKAN ADA YANG MANGADUKAN BLOG ANDA KE DMCA GOOGLE.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan