2013/08/30

Mempercepat Browsing dengan DNS Speeder

Mempercepat Browsing dengan DNS Speeder - dnsspeeder2.85.jpgDNS Speeder 2.85
Banyak ragam dan metode untuk mempercepat koneksi internet. Yang umum digunakan adalah dengan caching menggunakan server proxy (squid, handy cache, dll). Namun ada cara lain yang bisa anda gabungkan atau bisa juga anda gunakan secara terpisah yakni dengan menggunakan DNS yang cepat. Sejauh yang saya tahu, DNS milik google (8.8.8.8.8 dan 8.8.4.4) adalah DNS tercepat saat ini. Tetapi jika masalah reliabilitasnya, DNS milik OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220). Selain dari kedua DNS Server tersebut, masih banyak lagi DNS Server yang beroperasi di dunia. Telkom juga mempunyai DNS Server sendiri dan juga ada lembaga mandiri yang mendirikan DNS Server dengan tujuan khusus seperti NAWALA (di Indonesia).

Dengan banyaknya HostServer) DNS yang ber-operasi ini, anda bisa memanfaatkan-nya untuk mempercepat koneksi Internet anda dengan merubah-rubah DNS Server dalam IP Config di Internet Option Windows anda. Masalahnya, anda akan disibukkan oleh aktivitas mengganti DNS ini. Solusinya adalah dengan menggunakan software yang secara otomatis bisa menggagnti DNS Server Windows anda dengan DNS Host paling responsif (cepat dalam merespon) dalam menanggapi permintaan yang masuk.

Salah satu software yang cukup bisa diandalkan adalah DNS Speeder. Tool ini cukup ringan dan dapat berjalan secara otomatis sesaat setelah anda menyalakan komputer windows anda.

Cara Kerja DNS Speeder

Cara kerja DNS Speeder sendiri cukup sederhana. DNS Speeder mempersingkat delay antara komputer Windows anda dengan DNS Server dengan menentukan DNS Server tercepat (respose time-nya) saat ini sebagai DNS Server anda dan mencegah komputer windows anda mencari DNS Server sendiri (yang dalam proses pencarian tersebut juga memakan waktu). Proses selanjutnya, DNS Speeder ini menyimpan informasi yang didapatkan dari DNS Server tersebut di dalam localhost (127.0.0.1) dan memberitahu Windows bahwa DNS Server nya adadah 127.0.0.1 bukan (misalnya) 8.8.8.8 sehingga akses informasinya lebih cepat.

DNS Speeder 2.85 ini mempunyai fitur antara lain :
1. Menentukan DNS tercepat
2. Memilih DNS tercepat yang akan dipakai secara otomatis
3. Browsing menjadi lebih cepat karena DNS Server yang digunakan lebih responsif
4. Tool atau Software ini ringan
5. Pengaturan yang simpel dan mudah
6. Support Windows XP / Windows 7 32 dan 64 bit
7. Dan beberapa fitur bagus lainnya.

Download DNS Speeder

DNS Speeder terbaru saat ini (saat saya memposting artikel ini) adalah versi 2.85. Anda bisa mencobanya dengan mendownload tool ini melalui link ini. File yang anda download adalah file dnsspeeder.zip (1.91 Mb).

Cara menggunakan DNS Speeder

Untuk menggunakan software ini cukup mudah.
1. Setelah anda mendownload DNS Speeder (dnsspeeder.zip), ektrak terlebih dulu di lokasi yang anda pasti ingat.
2. Dalam folder tersebut, cari fiel DnsSpeeder.exe dan dobel klik untuk menjalankannya.
3. Tambahkan DNS Server yang ingin anda gunakan. Anda bisa mencari daftar DNS Server di google.
4. Atur agar DNS Speeder berjalan saat startup.

Dan koneksi internet anda terasa lebih cepat dalam mengakses situs-situs favorit anda (browsing). Oh ya, kecepatan download tidak meningkat, karena ini tergantung kecepatan/paket internet yang anda pilih.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan