2013/07/11

10 Tips "Smart" Menghemat Baterai Android secara Efektif

10 Tips "Smart" Menghemat Baterai Android secara Efektif - ilusrasi-tips-smart-battery-saving-efektif.jpg
Siapapun tahu setiap smartphone punya kelamahan umur baterai yang relatif pendek karena penggnaan baterai yang boros. Sebenarnya permasalahan bukan terletak pada baterainya, namun pada banyaknya fitur yang memakan energi yang harus dipenuhi oleh baterai tersebut yang menjadikan baterai lebih cepat habis. Begitu pula dengan Android, daya tahan baterainya terkadang bisa dibilang boros daya, terutama untuk tablet android. Nah untuk menyiasati borosnya baterai android, berikut ini ada 10 Cara Menghemat Baterai Android. Jika masalah belum teratasi, sepertinya Anda memang harus beli baterai yang baru. Hehe..

Berikut 10 Cara Menghemat Baterai Android secara Efektif

1. Mengurangi kecerahan layar

Karena kebutuhan konsumsi daya untuk layar cukup tinggi, Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan cara menurunkan level brightness. Caranya, Buka Brightness > Pengaturan > Tampilan. Untuk meminimalisir penggunaan Daya, Anda bisa bisa mengatur level brightness ke level terendah.

2. Mengganti gambar latar belakang (wallpaper)

Untuk menghemat energi, Anda dapat memilih latar belakang desktop hitam. Warna dominan gelap membutuhkan sedikit daya untuk dikonsumsi. Dengan demikian, sedikit banyak sudah membantu menghemat baterai Android.

3. Mematikan WiFi saat tidak digunakan

Jika Anda perhatikan, dalam laporan penggunaan baterai menunjukkan bahwa WiFi adalah yang paling rakus energi. Karena itu, mematikan WiFi saat tidak digunakan adalah sebuah keharusan jika baterai ingin awet.

2. Mematikan Bluetooth saat tidak digunakan

Sama dengan WiFi, Sensor Bluetooth juga termasuk "pemakan" energi terbanyak. Selalu matikan bluetooth jika sedang tidak digunakan.

5. Mematikan GPS saat tidak digunakan

Penerima sinyal GPS mengkonsumsi energi yang tidak perlu saat GPS diaktifkan. Matikan GPS ketika Anda tidak menggunakannya, gunakan hanya jika anda mengakses aplikasi Maps saja.

6. Hindari sinkronisasi yang tidak perlu

Beberapa aplikasi secara teratur tetap berhubungan dengan Internet setiap saat untuk melakukan sinkronasi. Setiap kali sinkronisasi terjadi, Internet mengkonsumsi daya lebih banyak. Sebaiknya lakukan sinkronisasi hanya ketika Anda sedang membutuhkan. Atau jika memang anda merasa penting untuk tetap update, sebaiknya perpanjang jeda sinkronisasi menjadi lebih dari 1 jam.

7. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan

Karena setiap aplikasi dalam yang berjalan dalam proses latar belakang (cached) dapat menjalankan proses sinkronisasi, tidak ada salahnya untuk membersihkan aplikasi yang tidak terpakai. Selain ruang storage menjadi lebih lega, juga memberikan kontribusi signifikan untuk menghemat baterai Android dan performa Handheld secara keseluruhan.

8. Jangan gunakan Wallpaper animasi

Pengolahan Wallpaper animasi membutuhkan CPU dan GPU. Tentu saja ini membutuhkan daya lebih banyak dan konsumsi energi untuk hal yang tidak perlu juga terjadi.

9. Matikan koneksi Internet Anda ketika Anda tidak menggunakan.

Setelah Anda tidak membutuhkan Internet dalam jangka waktu lama, disarankan untuk mematikan koneksi data untuk melakukan penghematan daya baterai.

10. Gunakan Fitur Laporan Penggunaan Baterai pada Android

Android sebenarnya mempunyai fitur laporan penggunaan baterai yang akan memudahkan Anda mengontrol penggunaan daya. Anda bisa meng-akses-nya melalui Settings> Device Info > Battery use Dari sana Anda akan mengetahui aplikasi mana saja yang mengkonsumsi baterai paling banyak, sehingga mengontrol aplikasi yang boros baterai.

10 Tips diatas sangat efektif dalam menghemat baterai android. Anda bisa mengaplikasikan tips diatas secara otomatis dan terjadwal melalui aplikasi batery saver --biasanya mempunyai pengaturan secara built-in yang kurang lebih sama dengan 10 tips diatas.

Masih banyak tips-tips lain untuk menghemat baterai android, yang kurang lebih intinya adalah sama: Tahu kapan harus menyalakan/mematikan fitur sesuai dengan kebutuhan. Jika anda protes "Trus buat apa beli smartphone kalau semua fitur canggihya dimatikan, mending beli hape monokrom ala jaman dulu!" Saya katakan: "Anda benar, beli saja hape selain smartphone jika anda tidak bisa memakai Smartphone secara Smart"

So, Gunakan Smartphone Anda secara Smart!

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan