2013/07/27

Custom ROM Android Yang Paling Populer dan Banyak Digunakan

Custom ROM Android Yang Paling Populer dan Banyak Digunakan -


Jika kita berbicara tentang sistem operasi Android, sebagian besar dari anda (dan saya), pasti akan mengingat Aplikasi Gratis, Rooting dan Custom ROM. Yang terakhir ini: Custom ROM, merupakan sebuah ROM yang dibuat oleh komunitas atau perorangan yang mencoba untuk membuat sistem yang lebih baik (katakanlah sebagai hacking) daripada ROM buatan vendor pembuat smartphone. Karena Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source, maka hal tersebut sah-sah saja dan tidak melanggar hukum dan boleh dilakukan oleh siapapun. Dan yang menarik, beberapa vendor ponsel Android malah secara terang-terangan mendukung pihak-pihak yang mengembangkan custom ROM Android ini. Misalkan saja, Sony memberikan tutorial lengkap untuk melakukan unlock bootloader di situs mereka dan Samsung sering merekrut para developer yang ada di balik pembuatan custom ROM ini.

Ini 3 Custom ROM Android Yang Paling Banyak Digunakan


Karena siapa saja bisa secara bebas meng-oprek custom ROM Android ini, sudah tentu ada ribuan jenis custom ROM yang muncul saat ini. Namun dari ribuan custom ROM, ada 3 custom ROM yang terkenal dan banyak dipakai oleh para pengguna Android. Saking polpulernya, custom ROM ini sampai dijadikan patokan para developer lainnya untuk membangun custom ROM yang baru. Dari ke-tiga Custom ROM tersebut, saya yakin anda sudah sangat mengenalnya. Tapi bagi yang belum anda bisa melihat apa sajakah custom ROM populer tersebut? Simak Custom ROM Android Yang Paling Populer dan Banyak Digunakan berikut ini.


1. CyanogenMod

CyanogenMod merupakan custom ROM yang paling banyak diinstal oleh pengguna Android di dunia. Custom ROM yang sering disingkat menjadi CM ini memang menyajikan banyak sekali fitur menarik bagi para penggunanya. Selain itu, CM mendukung banyak sekali jenis ponsel Android, bahkan mungkin setiap jenis ponsel Android. CM membuat custom ROM yang berbeda-beda sesuai sistem operasinya, termasuk sistem operasi yang berbeda untuk ponsel dan tablet. Yang menarik dari CM dalah mereka terus mensuport berbagai macam ponsel dengan sistem operasi terbaru meskipun para vendor ponsel tersebut sudah tidak mengeluarkan pembaharuan lagi. Inilah yang membuat Cyanogen Mod sangat disukai dan populer karenanya.

CyanogenMod-Custom-ROM.PNG

Selain itu, CM juga menyediakan berbagai macam fitur yang tidak ada di stock ROM Android, seperti OpenVPN, privacy tools, dan masih banyak lagi. Di situs mereka, anda bisa mengetahui ponsel serta tablet apa saja yang telah didukung oleh CM.

2. Android Open Kang Project (AOKP)

Android Open Kang Project (AOKP) merupakan custom ROM yang relatif baru jika dibandingkan dengan CyanogenMod, namun popularitasnya semakin hari semakin meningkat. AOKP menyediakan berbagai macam fitur yang terdapat pada CM sehingga Anda akan merasa jika kedua ROM ini tampak mirip. Namun jika Anda menelusuri lebih jauh, maka Anda akan menemukan beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya, terutama dalam hal add-ons dan juga tools yang di sertakan. AOKP menyediakan sebuah kontrol terhadap ROM yang terkumpul pada satu tempat dan juga menyediakan opsi-opsi kustomisasi yang lebih banyak dibandingkan dengan CM.


Karena yang mengembangkan (developer) AOKP ini jumlahnya lebih sedikit daripada CM, maka jumlah perangkat yang didukung custom ROM ini lebih sedikit ketimbang CM. Anda pun bisa melihat daftar perangkat apa saja yang telah didukung oleh custom ROM AOKP ini di homepage pengembangnya.

3. MIUI

MIUI merupakan custom ROM Android yang saya anggap sangat cantik dan 'mengairahkan' (heheheh..). Jika Anda bosan dengan tampilan berbagai macam ROM Android yang itu-itu saja, maka Anda harus mencoba custom ROM MIUI ini. MIUI memberikan pengalaman baru kepada pemakai sistem operasi yang Android dengan UI cantik dan elegan. Walaupun tidak banyak yang bisa dirubah sistemnya seperti CM dan AOKP, tetapi MIUI merupakan custom ROM yang memiliki tampilan (sekali lagi saya tegaskan) paling cantik dan paling elegan di antara semuanya.

MIUI-Custom-ROM.PNG

MIUI, pada awalnya hanya custom ROM yang dibuat untuk para pengguna di Negara Cina. Namun karena banyak yang tertarik, akhirnya custom ROM ini banyak dibuat ulang dan dikembangka beberapa developer untuk berbagai bahasa dan wilayah. MIUI menyediakan berbagai macam tema, lockscreen, dan aplikasi dengan tampilan yang menawan. Selain itu, MIUI juga sudah dalam keadaan ter-root semenjak awal. Walaupun dari segi fitur masih kalah jika dibandingkan dengan dua custom ROM yang komputechno bahas di atas, namun Anda dapat merasakan UI Android yang mudah digunakan dan sederhana di custom ROM ini. Silahkan kunjungi website developer MIUI untuk melihat perangkat apa saja yang sudah didukungya.

Ketiganya sudah pernah saya coba dan saya bandingkan sendiri fitur-fitur yang ditawarkan (kebetulan saya memakai LG GT 540 (Optimus). Anda punya Custom ROM favorit sendiri? Ceritakan dan bagikan pengalaman anda di kolom komentar...

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan