2013/07/13

Aplikasi Ramadhan Gratis untuk Platform iOS

Aplikasi Ramadhan Gratis untuk Platform iOS - Ramadhan kembali menyapa. Umat Muslim di seluruh dunia berlomba-lomba menjalankan amal ibadah untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Aplikasi-ios-ramahan.jpgAplikasi iOs Ramadhan

Di zaman serba canggih sekarang ini, kegiatan amal ibadah bisa dibuat lebih lancar dengan dukungan gadget dan aplikasi religius yang khusus dibuat untuk Ramadhan atau bertemakan Islam secara umum. Aplikasi-aplikasi itu pun tak harus berbayar. Banyak judul-judul Islami populer yang bisa diperoleh secara gratis dari berbagai macam platform, mulai dari Android bahkan Windows Phone. iOS pun tak terkecuali.

Nah, berikut ini aplikasi ramadahan populer di platform iPhone dan iPad yang dikumpulkan oleh Tech in Asia. Beberapa di antaranya juga bisa diperoleh di platform Android melalui toko aplikasi Google Play.

1. Ainun


Ainun-app-iOS-apple.jpg
Buah Karya dari developer Indonesia Weirdsgn dan Dihardja Software Solutions, dalam bahasa Arab, "Ainun" berarti mata. Aplikasi ini menyediakan sarana photo sharing dan mampu memperkaya hasil tangkapan gambar dengan 10 macam filter. Ada pula opsi menghias foto dengan kaligrafi bernapaskan Islam dan 60 macam kutipan inspiratif yang bisa dipakai untuk 10 jenis momen.

Ainun memiliki integrasi dengan jejaring sosial utama, termasuk Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan Google +. Ainun bisa diperoleh di toko aplikasi App Store dan akan segera tersedia di platform Android melalui Google Play.

2. InstaDeen [lite]


Satu lagi sarana berbagi foto untuk pengguna perangkat iOS. InstaDeen diciptakan oleh developer Malaysia Adiman Muhammad dan menyediakan ornamen-ornamen penghias foto dalam bentuk kutipan ayat-ayat Al Quran, waktu shalat, hadits, dan banyak lagi. Seperti Ainun, InstaDeen juga mendukung tangging berbasis lokasi serta integrasi dengan Facebook, Twitter, dan Instagram. Versi lite dari InstaDeen bisa diperoleh dengan gratis dari App Store.

3. Muslim Pro Azan, Quran, Qibla


Sesuai namanya, Muslim Pro yang dikembangkan oleh perusahaan Singapura Bitsmedia Pte Ltd menawarkan fitur-fitur seperti waktu shalat sesuai dengan lokasi pengguna, panggilan azan, penunjuk lokasi kiblat dalam bentuk animasi kompas, dan Al Quran dalam bentuk audio yang diterjemahkan ke dalam 15 bahasa (audio dan terjemahan hanya tersedia untuk versi berbayar). Ada pula fasilitas peta menuju restoran halal dan masjid yang ada di sekitar pengguna, kalendar Islam berisi prediksi hari-hari besar, serta 99 Asma Allah. Pengguna iOS bisa mengunduh Muslim Pro di App Store. Aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna Android.

4. Ramadan Tracker


RamadhanTracker-iOS-apple.jpg
Aplikasi yang satu ini bertujuan membantu mualaf atau umat Muslim yang belum tahu apa saja yang harus dilakukan selama Ramadhan. Ramadan Tracker membantu pengguna membuat jadwal dan memenuhi target, seperti shalat lima waktu, puasa, membaca Al Quran, dan sebagainya.

Poin diberikan untuk setiap target yang terpenuhi. Tertarik? Aplikasi buatan Catalunya Trade Impex ini bisa diunduh lewat toko App Store.

5. Ramadan 2013

Setelah meluncurkan Ramadan 2012 tahun lalu, pengembang aplikasi Hakim Boukhatem merilis penerusnya, Ramadan 2013, yang bisa diunduh di toko aplikasi App Store dan Google Play.

Ramadan 2013 mendeteksi lokasi pengguna (bisa dilakukan secara secara otomatis ataupun manual), lalu menampilkan waktu shalat lima waktu setiap harinya. Aplikasi ini mampu menujukkan waktu shalat di lebih dari 251 negara sehingga sangat praktis untuk umat Muslim yang sedang bepergian.

Ada pula doa-doa dalam bahasa Arab yang disertai panduan cara pengucapannya berikut terjemahan, 99 asma Allah, serta sebuah panduan tentang Ramadhan.

Memang, aplikasi aplikasi Islami yang ada di AppStore masih tergolong sedikit jika di bandingkan dengan Android dan Windows Phone.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan