2013/07/13

Aplikasi Android yang Cocok Selama Ramadhan

Aplikasi Android yang Cocok Selama Ramadhan -


Umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, kembali menuaikan ibadah puasa tahun ini. Sebagian memulainya lebih awal, sebagian lagi hari Rabu (9/7/2013), sesuai dengan anjuran pemerintah. Tak masalah kapan memulai puasanya, yang penting bagaimana selama menjalaninya. Agar dapat menjalani ibadah puasa dengan baik dan khusyu, salah satu persiapannya adalah membekali diri dengan informasi jadwal imsak, jadwal shalat, bacaan Al-Quran, dan bacaan bermanfaat seputar Ramadhan.

Informasi tersebut bisa didapat dari aplikasi-aplikasi Android yang cukup banyak jumlahnya. Nah, KompuTechno coba memilih beberapa aplikasi Android yang berguna selama Anda menjalani puasa.

1. Jadwal Imsak Indonesia
Aplikasi yang membantu mengetahui jadwal shalat dan imsakiyah untuk umat Islam di Indonesia. Juga terdapat informasi arah kiblat dan alarm yang dapat diatur. Aplikasi buatan developer Indonesia ini dapat diunduh dari Google Play Store

2. Imsakiyah Widget
Imsakiyah Widget berisi informasi jadwal shalat lima waktu dan imsak Ramadhan 1434H (2013) untuk 496 kota di Indonesia. Aplikasi buatan developer Indonesia ini dapat diunduh dari Google Play Store

3. Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla
Muslim Pro menyajikan berbagai informasi yang berguna untuk umat muslim, mulai dari jadwal shalat, penunjuk kiblat, hingga Al-Quran 30 Juz lengkap dengan terjemahan, audio, dan lafalnya. Terjemahan bahasa Indonesia pun disertakan di sini. Juga terdapat kalendar Islam, peta restoran halal dan mesjid. Aplikasi yang telah digunakan jutaan umat Islam ini diklaim memiliki jadwal shalat paling akurat. Lantunan azan shalat pun ada di aplikasi ini.

4. Quran Android
Quran Android merupakan aplikasi yang berisi surat-surat Al-Quran 30 juz. Aplikasi ini termasuk salah satu yang terpopuler di Android untuk Al-Quran dan banyak digunakan umat muslim di seluruh dunia. Terjemahannya pun disediakan dalam banyak bahasa, bahasa Indonesia pun ada.

5. Quran Kata Per Kata
Aplikasi ini berguna untuk yang sedang belajar membaca Al-Quran. Terjemahannya pun ditampilkan per kata/ayat dalam bahasa Indonesia. Berguna bagi yang sudah mahir membaca Al-Quran dan ingin lebih mengetahui artinya. Terdapat juga fitur untuk mendengarkan audio saja atau mengecek hafalan Al-Quran. Aplikasinya dapat diunduh dari Google Play Store.

6. Al'Quran Bahasa IndonesiaAplikasi ini berisi surat-surat Al-Quran 30 Juz lengkap dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Aplikasinya dapat diunduh dari Google Play Store atau langsung dari tautan ini.

7. Juz Amma Lengkap
Aplikasi Juz Amma Lengkap merupakan aplikasi yang berisi surat-surat Al-Quran juz ke-30 dan surat Al Fatihah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio, tulisan latin, arti serta tafsir dari kitab tafsir Al Jalalain. Aplikasinya dapat diunduh dari Google Play Store atau langsung dari tautan ini.

8. Panduan Tarawih & RamadhanAplikasi ini berisi panduan komprehensif shalat tarawih dan tips-tips berguna dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

10. Buka Dimana

Aplikasi ini berisi informasi restoran dan tempat makan untuk berbuka puasa yang paling dekat dari posisi pengguna. Buka Dimana bisa menemukan restoran dan tempat makan untuk buka puasa. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan API dari Urbanesia - layanan direktori dengan lebih dari 220.000 lokasi di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Medan, dan Bali. Aplikasi buatan developer lokal Onebitmedia ini dapat diunduh dari Google Play Store. Selain itu, aplikasi ini juga ada untuk Windows Phone

Masih banyak aplikasi Android lain yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan selain 10 Aplikasi Android yang Cocok Selama Ramadhan di atas. Anda dapat mencari di Google Play Store dengan kata kunci puasa, jadwal shalat, Al-Quran, imsak, dan lainnya. Jika Anda mempunyai aplikasi pilihan tersendiri, silakan berbagi di kolom komentar.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan