2013/06/13

Install CWM Recovery Ver.6 untuk LG GT540 Optimus

Install CWM Recovery Ver.6 untuk LG GT540 Optimus -

LG-GT540-Optimus-Pink.jpg
ClockworkMod recovery versi 6.0.1.0 6.0.2.8 sudah muncul untuk LG GT540 Optimus. ClockworkMod recovery sendiri merupakan aplikasi recovery paling banyak digunakan oleh pengguna ponsel android. Dimana, saat versi yang paling baru saat ini adalah versi 6.0.1.0 versi 6.0.2.8 membawa fitur baru diantaranya yang paling saya suka adalah mempunyai kecepatan back-up ROM 4-5 kali lebih cepat. Selain itu, mempunyai incremental backup yang lebih kecil untuk ROM yang sama (sekitar 15-20 MB), dan beberapa fitur yang lain.

Berbicara sedikit tentang CWM Recovery v6 untuk LG GT540 Optimus, custom recovery ini aslinya dikembangkan oleh Kaushik Dutta sedangkan untuk versi 6 ini di-porting untuk LG GT-540 Optimus oleh seorang anggota senior dari XDA-Dev: leoposas. Tetapi harap di-ingat, karena custom recovery untuk GT-540 Optimus ini adalah hasil portingan dan belum di support oleh pengembang aslinya, bisa saj ada beberapa kelemahan atau bug yang mungkin muncul.

Panduan meng-install CWM Recovery v6 untuk LG GT540 Optimus

Sebelum mengkuti tutorial untuk meng-instal, seperti biasa baca peringatan dibawah :)

Peringatan! Kami tidak bisa bertanggun jawab untuk segala kerusakan yang terjadi dalam/akibat dari proses peng-instalan CWM Recovery v6 untuk LG-GT540 Optimus. Meskipun sangat kecil kemungkina akan terjadi kerusakan pada LG GT-540 Optimus anda jika mengikuti instruksi dengan benar, teliti dan hati-hati.

Selanjutnya, persiapkan file dan kelengkapan yang akan anda butuhkan dalam meng-install CWM Recovery v6 untuk LG GT540 Optimus berikut ini:

  • CWM Recovery v6 for LG GT540 Optimus [nama filenya : recovery.img CWM_Recovery_6.0.2.8_GT540.img]
  • AIO ADB dan Fastboot Toolkit [dari halaman XDA-Dev]
  • Dan perlu dicek juga: keadaan baterai usahakan diatas 75% atau 80%
  • Pastikan juga USB Driver untuk LG GT540 Optimus sudah ter-install dengan baik. Anda bisa menggunakan AIO ADB & Fastboot Toolkit untuk meng-install driver yang dibutuhkan.
  • Nyalakan juga mode USB Debugging pada LG GT-540 Optimus anda.

Oke, jika joblist diatas sudah anda lakukan, maka sekarang anda siap untuk mengikuti tutorial untuk melakukan flash-ing ClockworkMod recovery versi 6.0.1.0 6.0.2.8 untuk LG GT540 Optimus.

Screenshoot-AIO-ADB-Fastboot.png

  • Dekompres (maksudnya meng-ekstrak) file All In One ADB & Fastboot Toolkit zip (.7z) ke drive C: (anggaplah windows terinstall di drive c)). untuk meng-ekxtrak file .7z anda bisa menggunakan 7zip extracting tool.
  • Kopi-kan file recovery.img ke my_fastboot_folder yag berada dalam folder All In One ADB & Fastboot Toolkit ter-ekstrak (AIO-Android-Toolkit).
  • Tancapkan LG GT540 Optimus ke Komputer (PC/Laptop) dengan kabel data USB.
  • Jalankan AIO ADB & Fastboot Toolkit.BAT (klik dua kali) yang terletak dalam folder AIO-Android-Toolkit.
  • Sebuah jendela command promt dan informasi untuk menggunakan-nya akan muncul.(liaht gambar diatas)
  • Pertama, ketik 1 untuk memilih AIO ADB TOOLKIT kemdian ketik 6 untuk REBOOT INTO FASTBOOT MODE
  • Ketika GT-540 dalam keadaan Fastboot Mode, ketik 9 untuk kembali kemenu utama/sebelumnya.
  • Sekarang ketik 2 untuk masuk AIO FASTBOOT TOOLKIT.
  • Tekan/ketik 3 (FLASH SOMETHING TO MY PHONE) kemudian ketik 5 (FLASH Recovery.img ONLY) untuk flashing file recovery.img dan meng-nstall CWM Recovery v.6.
  • Tunggu hinga selesai, kemudian kembalilah ke menu utamanya sesuai perintah yang muncul.
  • Tutup All In One ADB & Fastboot Toolkit.
  • Disconnect USB.

Jika proses berjalan dengan baik, maka ClockworkMod recovery version 6.0.1.0 6.0.2.8 bisa saya pastikan sudah ter-install dalam LG GT540 Optimus anda. Dengan ini, anda bisa melakukan back-up data menggunakan nandroid back-up atau melalui menu back-up yang ada dala mode recovery CWM. Selain itu, anda bisa meng-install customROM untuk GT-540 Optimus yang anda suka dengan mudah.

Jangan sungkan bertanya, tinggalkan pertanyaan dalam kolom komentar.

NB: adalah hal yang aneh, ketika saya menulis artikel ini baru sekarang.
Padahal GT-540 ini adalah Handheld yang se-hari-hari saya gunakan dan saya pakai sebagai media belajar untuk rooting/flashing dan lain-lain.

2 komentar

sorry gan, Baru saya update untuk file CWM Recovery-nya. CWM yang paling baru untuk Optimus GT-540 untuk saat ini adalah CWM recovery 6.0.2.8 untuk versi 6.0.1.0 sudah agak lama. sementara yang saya pakai adalah CWM versi 6.0.2.7. Flashingnya tetap pakai AIO Tolkit bikinan leopossas.

Slahkan cek di postingan gan.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan