2013/06/24

10 Hal yang Sudah Tidak Diperlukan Dalam Membuat/Mendesain Website

10 Hal yang Sudah Tidak Diperlukan Dalam Membuat/Mendesain Website -

10 Hal yang Sudah Tidak Diperlukan Dalam Membuat/Mendesain Website

Saat ini, web dibangun dalam lingkungan yang lebih memudahkan dan serba instant dengan berbagai macam CMS (Content Management System) yang berkembang. Bahkan dalam beberapa menit saja sudah bisa membuat sebuah website dengan fitur dam organisasi konten yang 'Wah'. Berbeda dengan zaman generasi HTML murni dulu. Saat ini, Joomla! dan Wordpress adalah salah satu CMS yang membuat urusan membangun website menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Bahkan dengan adanya Blogspot, setiap orang bisa membuat web personal (Blog) dalam beberapa langkah mudah.

Sepuluh hal yang saya paparkan ini perlu anda hindari ketika men-desain sebuah website dan sebaiknya anda buang jauh-jauh dari konsep website anda agar user friendly dan ramah SEO.

Dalam perkembangannya, ada beberapa bagian atau elemen-elemen dalam sebuah website yang jadi 'old fashionable' alias 'ketinggalan zaman'. Menjadi kuno dan sudah sangat jarang dipakai bukanlah sesuatu yang buruk. Tapi setidaknya, apabila masih menerapkan elemen-elemen tersebut ke dalam sebuah website ketika men-desain sebuah website untuk masa sekarang akan sangat mungkin sekali suatu ketika website Anda tidak akan terbaca dengan baik oleh browser dan 'human' atau kita para peng-akses web yang semakin hari semakin canggih.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan lagi dalam menata lay-out dan desain website masa kini.

10 bagian yang tidak perlu anda masukkan kedalam suatu desain website adalah :

1. Pernyataan Misi & Visi Website.

"Kami adalah perusahaan Terbaik..." - Sangat lucu sekali pernyataan ini. Kalau saya adalah seorang klien yang membayar Anda, tentu saja yang saya ingin peroleh adalah yang terbaik dari uang yang sudah saya keluarkan. Tidak perlu membuat pernyataan sejenis karena hanya akan membuat perusahaan atau organisasi yang anda presentasikan menjadi seperti "anak kemaren sore" :D. Yang terpenting adalah: Apa yang anda tawarkan dan bagamaina anda bisa dihubungi, misalkan halaman About.

2. Menggunakan Frames.

Pada zaman kode masih HTML murni (tanpa PHP, Javscript, CSS, Ajax dan lain lain), banyak sekali website developer menggunakan teknik frameset untuk membuat 2 bagian halaman berdampingan. Sekarang sudah banyak teknik yang lebih bersih dan lebih SEO friendly untuk mendapatkan hal serupa. Coba anda lihat blog berbasis Blogger (maksud saya blogspot) betapa mudahnya mendapatkan yang serupa dengan frameset hanya dengan membahkan beberapa baris kode CSS. Tak percaya? lihat saja blog ini.

3. Efek Animasi Tulisan: Blink Text.

Apa sih yang Anda inginkan? Mau apa coba? Ingin menarik fokus utama pengguna atau pengunjung website anda? dengan efek murahan ini? Buang! Banyak cara untuk membuat sebuah emphasis broo.. ganti warna text-nya lain dari yang lain, beri variasi font-family yang berbeda atau buat text-nya jadi 'segede gaban' ( :D misalnya )

4. Gambar GIF beranimasi.

Sangat mudah sekali membuat gambar GIF animasi, hanya tinggal buka MS Paint misalnya kemudian gonta-ganti layer atau background hingga gambar seolah-olah terlihat "hidup". That an Old one broo..! kenapa tidak memanfaatkan fungsi 'animate' saja?

5. Menggunakan Table untuk Lay-out.

Dulu, elemen table sering sekali digunakan dalam melakukan layout sebuah halaman. Tapi sekarang table hanya baik digunakan untuk menampilkan data-data tabular seperti layout data MS Excel. Disamping itu, table tidak SEO friendly. dan lay-out-ing halaman website kini lebih banyak yang meggunakan CSS.

6. Menggunakan Flash untuk Navigasi Halaman.

Zaman saya masih kuliah dulu (tahun 2005-an), website menggunakan flash untuk menu navigasi. Sekarang sudah ada menu suckerfish, atau menu modular lain dengan javascript design bahkan css yang lebih bersih dan tidak memberatkan browser sekaligus berjalan disemua Operating System (OS) komputer dan semua Browser alias Lintas Platform. Jadi? Buang jauh-jauh.

7. Element untuk Video yang sangat kecil.

Digunakan untuk menampilkan video online. Karena terbatasnya frekwensi modem dan kompresi maka tampilannya harus diperkecil untuk bisa memuat video itu ke dalam halaman. Kini, dengan hadirnya AS3 dan HTML5, perkara embed video sudah tidak perlu sekaku dulu.

8. Musik MIDI (dan MP3).

Menempelkan suara sebagai background HTML website Anda? Helloo... Mungkin dulu terkesan canggih tapi sekarang, Anda bisa-bisa berurusan dengan HAK INTELEKTUAL dan HAK KARYA CIPTA (bahasa kerennya : DMCA).

Musik memang bahasa universal mendunia, tapi musik juga punya cita rasa sendiri-sendiri. Setiap orang menyukai jenis musik tertentu. Jadi jangan "menakut-nakuti" users dengan pilihan musik Anda dengan menempelkan audio content yang otomatis berjalan ketika diakses. Untuk zaman sekarang) termasuk embed file MP3.

9. Menggunakan Hit Counters.

Ini yang paling menggelikan bagi saya. Apa anda pernah membaca atau melihat, "Today Hits: 340 visitors", atau "Total: 500 visitors"? Selamat Anda telah dikunjungi! :D

Saran saya, gunakanlah data statistik yang biasanya disediakan oleh Control Panel website Anda (seperti Statistics milik Blogger atau cPanel WebStats) atau dari Google Analytics apabila Anda ingin melihat atau ingin mempresentasikan website itu kepada orang lain. Tidak perlu menguak 'hal yang tidak penting' pada halaman website, memangnya pengunjung butuh itu? pengunjung datang adalah unutk konten, bukan sebagai konsultan/analisator web anda.

10. Menggunakan informasi tulisan "This site is best viewed..."

Ayolah broo.. Semua website seharusnya bisa terlihat dengan baik di segala jenis browser alias cross platform!

Dari ke "sepuluh hal yang sudah ketinggalan jaman dalam mendesain web" diatas, mungkin ada beberapa hal yang tidak anda setujui, itu hak anda.

Tapi coba deh pikir baik-baik lagi, benarkah pengunjung anda memerlukan hal-hal diatas? Jangan-jangan itu hanya umtuk pemuasan ego anda? Bukankah sebuah website dibuat untuk para pengunjung agar betah ber-lama-lama dan berkunjung kembali? Lagipula, beberapa dari hal-hal diatas membuat website kita 'mempersulit' robot alias search engine untuk meng-crawl halaman-halaman website anda. Jadi bagaimana menurut anda?

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan