Cara Menggunakan Sub-Domain dari FreeDNS

Menggunakan Sub-Domain
FreeDNS, merupakan sebuah layanan DNS Hosting yang gratis dengan fitur yang keren. diantaranya Unlimited Subdomain. baberapa waktu yang lalu, saya sempat mempublikasikan artikel tentang cara mendapatkan sudomain gratis AC.ID dan gartisan subdomain GO.ID juga. Di artikel tersebut saya menjanjikan untuk memberikan tutorial cara menggunakan-nya sebagai custom domain untuk blogspot.

Ada dua bagian yang harus dilakukan untuk menggunakan subdomain dari freedns ini. Pertama adalah setting DNS dari FreeDNS. Dan yang kedua setting dari blogspot anda. Jika anda sudah mendapatkan subdomain yang di-inginkan dari FreeDNS, selanjutnya silahkan ikuti tuorial berikut.

Bag. 1. Setinng Custom Domain di Blogspot

1. Sebelum memulainya, silahkan anda login ke blogger.com dan buka blog yang ingin anda ganti dengan subdomain dari FreeDNS.
2. Setelah anda berada di dasbor Blogger, Buka bagian [Setelan] -> [Dasar] anda akan lihat bagian Penerbitan sepeti di bawah.
setelandasar-penerbitan.JPG
3. Klik teks "+tambahkan domain khusus" untuk membuka penagaturan lanjuatannya. Anda akan melihat seperti gambar berikut di dasbor blogger anda.

4. Klik teks "Alihkan ke setelan lanjutan" dan anda akan melihat tampilan seperti ini.

5. Saya anggap anda sudah mempunyai sebuah subdomain "rcti" dari domain "ukipaulus.ac.id" maka isikan "rcti.ukipaulus.ac.id" kedalam kotak formulir http:// seperti di gambar tersebut. dan Simpan. Anad akan melihat notifikasi sebagai berikut:

6. Copy-kan saja ke notepad teks yang di tampilkan pada baris yang kedua (dibawah rcti - ghs.google.com) dan simpan.
Nah, sementara tahan saja dulu bagian pertama untuk setting custom domain dari blogspot. Anda tinggal melanjutkan bagian setting bagian kedua dengan berbekal teks yang anda copy di notepad tadi.

Bag. 2. Setting DNS Blogspot di FreeDNS

1. Saya anggap anda sudah mempunyai akun di FreeDNS, loginlah dengan akun tersebut. Setelah anda Login, lihatlah pada menu bagian kiri dan pilih menu Subdomain (lihat gambar)

2. Pada bagian ini anda perlu menambahkan sebuah subdomain lagi. dengan klik [add] pada box ukipaulus.ac.id lihat kotak hitam pada gambar.

3. Buka kembali notepad anda. dan perhatikan gambar di bawah.

pada pilihan type, pilih CNAME. isikan teks pertama di notepad ke isian Subdomain dan teks kedua ke bagian Destination. dan klik Save. dari sini anda buka kembali halaman dasbor blog anda dan klik simpan.

Selamat mencoba :)

Show comments
Hide comments

3 Responses to Cara Menggunakan Sub-Domain dari FreeDNS

  1. kok error ? errornya dalam bahasa inggris kalau di indonesiakan artinya kau tidak boleh menggunakan domain yang bukan punya mu.
    follow back ya tutorial-kompiuter.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial ini bisa digunakan saat artikel dibuat. hasilnya pun masih bisa digunakan sampai sekarang gan coba cek alamat http://rcti.ukipaulus.ac.id/

      Delete

Adblock Detected


So sad :'( Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.
Thank you
x