2013/04/19

Waspadai Toko Online Abal-abal, ini Daftarnya

Waspadai Toko Online Abal-abal, ini Daftarnya -
Peredaran toko online fiktif sudah kian merisaukan. Jumlahnya pun tak sedikit, sudah lebih dari 30 situs yang terdeteksi.

Ironisnya, trafik ke situs online shop fiktif tersebut cukup padat, dimana setiap hari menjaring lebih kurang 15.000 pengakses unik dengan pageview lebih dari 100.000 per hari.

Sebagai perbandingan, menurut catatan Alexa, situs resmi seperti Tokopedia.com hanya mencatat pengakses unik 14.450 pengakses per hari, bri.co.id 67.977 pageview per hari, dan telkom.co.id menjaring 19.740 pengunjung unik dengan pageview 38.690 per hari.

Namun pembuat online shop fiktif ini hanya dalam waktu kurang dari 8 bulan dan hanya bermodalkan uang Rp 100.000 -- untuk membeli domain dan kemampuan webhosting -- bisa meraih trafik yang cukup tinggi.

Kalau kemampuan ini disalurkan untuk kegiatan yang positif tentunya akan memberikan hasil dan sumbangan yang besar bagi kemajuan internet Indonesia. Ya, asalkan Anda bersedia bekerja keras dan jangan mencari keuntungan jangka pendek di atas penderitaan orang lain (penipuan).

Menurut pantauan Vaksincom, satu situs online shop fiktif, pageview-nya dalam sehari bisa mencapai 3.092 dengan total pengunjung unik 442 per hari. Dalam 2 bulan saja page view salah satu situs online shop fiktif mencapai 102.491 atau rata-rata 51.000 page view per bulan (lihat dibawah).


Jadi kalau dirata-rata untuk 34 situs onlineshop fiktif tersebut pageviewnya per hari sekitar 3.092x34 situs = 100.000 pageview dengan jumlah pengakses unik 15.000 orang.

Ke-34 toko online abal-abal ini hanya yang teridentifikasi oleh Vaksincom. Dan kenyataannya masih banyak sekali situs serupa di luar 34 online shop fiktif ini sehingga angka nyatanya harusnya di atas perhitungan di atas.

Teknik yang digunakan Toko Online Fiktif

Pada awalnya, Vaksincom juga berpikiran bahwa sulit menipu orang dengan teknik seperti itu dan para pengguna internet kebanyakan sudah mengetahui hal ini.

Namun kelihatannya fakta menunjukkan hal yang berbeda karena situs-situs online shop fiktif ini walaupun sudah banyak yang ditutup dan pelakunya ditangkapi oleh polisi namun makin hari makin banyak dan bukannya berkurang.

Artinya aktivitas penipuan model ini banyak yang menuai hasil sehingga penipu makin menggencarkan aksinya.

Menurut data dari internetworldstats.com, pengakses internet Indonesia per 30 Juni 2012 mencapai angka 55 juta pengakses dengan pemilik akun Facebook 51 juta akun, tentu angka ini menggiurkan siapapun termasuk penipu online.

Menurut fakta di lapangan, pengakses internet awam yang kurang terupdate dengan perkembangan terbaru jumlahnya jauh lebih besar daripada pengakses internet selalu terupdate dengan informasi terbaru, termasuk informasi mengenai penipuan online shop fiktif ini.

Teknik yang digunakan pelaku adalah teknik kuno yang memberikan iming-iming harga murah dengan desain situs yang keren dan gambar-gambar produk yang tidak kalah keren dengan situs resmi yang tidak fiktif.

Malah dalam kenyataannya, gambar-gambar yang digunakan oleh toko online fiktif adalah gambar/foto dari toko di dunia nyata yang digunakan secara ilegal dengan tujuan mendapatkan kepercayaan dari pengunjungnya.

Ciri khas toko online fiktif adalah mereka akan meminta korbannya untuk melakukan transfer dana terlebih dahulu ke rekening bank yang telah dipersiapkan dan nomor rekening bank ini tidak pernah ditampilkan di situs dan hanya menampilkan nomor telepon ponsel.

Dan semuanya menggunakan nomor telepon seluler pra bayar yang dengan mudah diganti jika aktivitas penipuannya berhasil memakan korban. Alamat toko masih banyak yang menggunakan alamat Batam, dan beberapa mulai menggunakan lokasi lain seperti Roxy Mas dan Bali.

Inilah Daftar 34 situs Jual Neli Online Palsu

Adapun ke 34 situs yang terdentifikasi oleh Vaksincom sebagai toko online palsu adalah sebagai berikut:
  1. http://allsalam-elektronik.hourb.com/
  2. http://andika77shop.blogspot.com/
  3. http://anitaphoneshop.com/
  4. http://anugerahelektronik.com/page/10/
  5. http://aulaelectroshop.com
  6. http://batamzentralelektronik.com/
  7. http://batarashoping.com/
  8. http://graha-shop.com/page/11/
  9. http://hidayahonlineshop.com/toko/
  10. http://lestarionlineshop.com/page/6/
  11. http://nagoyaonlinestore.com/
  12. http://panbilelektronika.com/
  13. http://tokobagusphone.com/
  14. http://tribunjayaelektronikshop.com/page/9/
  15. http://www.batamshopping.us/toko/
  16. http://www.batavia-elektronik.com/toko/
  17. http://www.britama86.com/toko/
  18. http://www.garudaplazashop.com/toko/iphone
  19. http://www.gebyarprima.com/contact-form.php
  20. http://www.indoceluler.com/
  21. http://www.kaulaelektronik.com/toko/
  22. http://www.kotawisataelektronik.com/
  23. http://www.lautancentralelektronik.com/toko/
  24. http://www.luckypalza.com/toko/
  25. http://www.media-elektronik.com/toko/
  26. http://www.nagoyamallshopping.com/toko/
  27. http://www.platinumelectronicshop.com/toko/iphone
  28. http://www.pon-cell.com/toko/
  29. http://www.riankzentraelektronik.com/
  30. http://www.setiaelektronik.com/toko/
  31. http://www.surgaelektronik.com/toko/
  32. http://www.wahana-elektronik.com/toko/
  33. http://www.wahanaonlineshop.com/toko/
  34. http://www.zeroelektronika.com/toko/
Jadi jangan sampai anda tertipu oleh toko online palsu yang mulai banyak bermunculan. Selidiki terlebih dulu dan ingat ciri-ciri toko online fiktif yang perlu anda jadikan rujukan agar anda tak tertipu oleh toko online abal-abal tersebut. Ingat! daftar situs toko online palsu diatas hanyalah sebagian.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan