2013/04/02

Cara Membuat Akun Gmail dengan Singkat

Cara Membuat Akun Gmail dengan Singkat - Gmail, adalah layanan surel (surat elektronik) milik Google. Tutorial Membuat akun Gmail ini di tujukan untuk pemula/newbie. Fungsi e-mail (surel) adalah sebagai pengganti surat konvensional. Banyak penyaedia layanan email selain Gmail, semisal Yahoo, Hotmail dll. Namun Gmail mempunyai keunggulan sendiri di banding dengan penyedia layanan email yang lain. Di antaranya adalah fitur POP3 yang tidak disediakan oleh layanan lain. Selain itu, dengan mempunyai akun Gmail, anda bisa menggunakannya untuk Login di layanan milik Google yang lain dengan id atau username yang sama semisal YouTube, Blogger, GooglePlay, dll.

Untuk membuat akun Gmail tergolong gampang-gampang susah bagi pemula. Namun jangan kuatir, disini akan kita tunjukkan langkah demi langkah beserta gambar panduan agar anda bisa mengikuti tutorial ini.

Sebelumnya, saya sarankan anda mempunyai nomor handphone yang aktif yang nantinya di perlukan untuk aktifasi layanan google (tidak harus). Dan siapkan kertas dan pensil untuk mencatat hal-hal yang perlu anda ingat nantinya. Nah, sekarang ikuti petunjuk-petunjuk yang saya berikan.

Langkah 1 Memndaftar akun Google Mail

Pada browser anda, entah itu firefox, internet explorer, google chrome atau opera, buka https://accounts.google.com atau klik disini.
Anda akan melihat halaman muka dari Google Accounts seperti gambar dibawah:


Lihat Gambar di atas, Klik pada kotak merah bertuliskan signup atau buat akun di pojok kanan atas pada halaman tersebut.

Langkah 2 Mengisi Formulir Biodata

Anda akan melihat Formulir Pendaftaran akun Gmail seprti Gambar dibawah sebalah kiri, isikan sesiai data pribadi anda. lihat contoh pengisian di gambar sebelah kanan.


Berikut petunjuk untuk mengisi Formulir pendaftaran tersebut sesuai angka pada gambar:

1. Nama Depan Anda
2. Nama Belakang Anda
3. Alamat email yang anda inginkan, jika tidak ada akan muncul saran klik salah satu ata ganti dengan tang lain. [catat agar tidak lupa]
4. Isikan sandi (password) yang nantinya akan anda gunakan untuk login ke akun. [catat agar tidak lupa]
5. Isikan tanggal lahir anda.
6. Klik untuk memilih jenis kelamin (gender)
7. Berikan nomor Handphone yang SEBENARNYA. karena akan digunakan untuk verifikasi nantinya.
Nah, anda tinggal memastikan men-centang/contreng 3 cekbox yang ditandai dengan kotak biru. Dan klik Next/Langkah selanjutnya

Langkah 3 : Memverifikasi Akun Gmail

Di dini anda bisa merubah nomor Handphone anda yang aktif saat ini. Dan klik pada kotak biru bertuliskan Lanjutkan

Di halaman selanjutnya, anda akan diminta untuk menuliskan 6 (enam angka) yang dikirimkan melalui SMS untuk memverifikasi akun yang anda buat. Klik pada tombol Lanjutkan setelah anda mengetikkan kode angka yang di kirimkan lewat SMS.

Jika anda merasa terlalu lama atau nomor yang anda masukkan salah anda bisa mengulangi lagi dengan meng-klik di tautan coba lagi

Dari sini anda akan di bawa ke akun Gmail anda dan anda pun sudah mempunyai akun Gmail. Yang nantinya bisa anda gunakan untuk login ke Youtube, Blogger dan layanan Google yang lain. Karena akun Gmail anda merupakan akun global di layanan milik Google.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan