2013/04/29

Tiga Langkah Mudah Memikat Pembaca Baru

Tiga Langkah Mudah Memikat Pembaca Baru - Belakangan ini, saya melihat banyak sekali blog yang punya konten berkualitas tinggi, tetapi pembacanya sedikit. Tidak peduli sebaik apa konten tersebut.

Attract Readers to Your Blog
Attract Readers to Your Blog

Selain membuat posting berkualitas tinggi di blog Anda, Anda juga perlu untuk menyebarkan blog Anda dan berudaha mempromosikan posting anda.

Ada 3 trik untuk mempromosikan blog Anda, menarik pembaca baru dan meningkatkan taffic Anda.

1. Promosi di Media Sosial

Berbagi via Facebook

Sebagai jaringan sosial global, Facebook memiliki potensi besar untuk memberi pengunjung baru blog Anda, tapi bagaimana untuk menarik pembaca potensial ini ke blog Anda, Anda harus mengikuti tips di bawah ini.

a. Mendaftarkan Diri di Facebook
Tidak ada yang perlu dijelaskan, buka saja halaman Facebook, daftar, dan lengkapi profil anda.
Ada satu kotak pencarian di bagian atas Facebook, di mana Anda dapat mencari orang, tempat dan hal lain sesuka Anda.

Anda sebaiknya mencari teman akrab Anda terlebih dahulu, agar Anda terbiasa dengan bagaimana mengoperasikan Facebook.
b. Tambahkan teman di Facebook
Setelah Anda telah terbiasa dengan fungsi dasar Facebook, dan Anda telah menambahkan teman juga keluarga, sekarang saatnya untuk mencari orang-orang (dan blogger lain) yang Anda bidik sebagai pengunjung blog.

Usahakan jangan menambah teman dengan cara spam, atau Anda akan diblokir oleh Facebook.
c. Berbagi Postingan di Facebook
Anda telah menambahkan beberapa orang yang tertarik dengan Anda, selanjutnya Anda tinggal berbagi setiap posting yang anda buat dengan teman Facebook anda.

Tentu saja, jika Anda menawarkan konten ber-nilai tambah (berkualitas), teman Anda akan membagikan artikel anda melalui Facebook mereka sendiri, secara bertahap, semakin banyak orang akan menambahkan Anda sebagai teman dan memperhatikan status Facebook Anda.

Melebarkan Pengaruh di LinkedIn

Ketika bergabung ke Linkedin, bagian favorit saya adalah Linkedin Group. Ada banyak kelompok-kelompok profesional, seperti SEO, SEM, Make Money Online, Media Sosial dan Copywriting, dll

Anda dapat bergabung dalam grup yang Anda inginkan, dan berbagi konten Anda, selain itu, Anda dapat belajar dari orang lain. Banyak sekali ide-ide kreatif dalam setiap kelompok, mereka akan berbagi pengalaman berharga setiap hari.

Mendapatkan Pembaca Baru dengan Linkedin

Pertama, bergabunglah di Grup Linkedin yang sesuai dengan konten blog anda, dan kemudian membagi tulisan Anda dengan setiap group yang anda ikuti.

Jika tulisan Anda menarik, orang lain akan memberikan "like". Anda juga dapat membagikan posting orang lain, atau sekedar meninggalkan komentar.
Sementara itu, Anda dapat memfollow orang-orang yang mempunyai posting bagus lainnya, otomatis Anda akan diikuti juga oleh orang lain. Otomatis Anda pun akan mendapatkan pembaca baru untuk blog anda

Bergabung di Vlog dan Submit Artikel

Bergabunglah dengan Vlog. Vlog merupakan jembatan bagi para blogger untuk mendapatkan taffic yang melimpah, terutama pembaca lokal Indonesia. Vlog sendiri merupakan layanan dari VivaNews untuk para blogger mempromosikan konten blog-nya. Bisa dikatakan, ini adalah jejaring sosial para blogger.

Anda hanya perlu meregistrasikan diri ke Vlog, dan kemudian mengirim artikel yang telah anda tulis di blog Anda. Usahakan bukan artikel Copy Paste. Artikel yang anda kirim akan di review terlebih dahulu oleh tim Vlog, dan setelah artikel blog di publikasikan Vlog, anda akan mendapatkan banyak pengunjung dari Vlog.

Untuk mengirim artikel agar dimuat di Vlog, Memang ada beberapa persyaratan yang di ajukan oleh Vlog. Tetapi saya rasa tidak memberatkan.

2. Situs Q & A.

Questions and Answers

Apapun topik blog Anda, seharusnya ada konten yang bersifat "problem solving".
Situs Questions & Answers semacam ini akan memberikan Anda referensi tentang apa yang pembaca ingin tahu. Dua situs Q & A yang populer adalah:
- answer.yahoo.com ;
- quora.com.

Anda pasti tahu Yahoo Answer, di situ anda dapat mengirimkan pertanyaan, dan memperoleh jawaban dalam waktu singkat.

Cara Mencari Pertanyaan
Ketik kata kunci yang terkait konten atau frase ke kotak pencarian, dan klik "Terbaru" di bawah kotak, Anda akan mendapatkan pertanyaan terbaru, dan kemudian berikan jawaban yang bagus dan sesuai.

Yang paling penting untuk menarik pembaca baru untuk blog Anda adalah dengan meninggalkan URL di kotak "Source". Degan cara ini anda bisa memperoleh pengunjung setia baru untuk blog anda. Hati-hati, jangan membuat spam, atau Yahoo akan membanned Anda.

3. Bergabung di Forum

Anda mungkin sudah mengetahui forum populer berkaitan dengan minat Anda, jika tidak, gunakan saja Google, ketik "kata_kunci inurl:forum" (kata_kunci bisa diganti dengan kata kunci atau frase yang anda inginkan).

Pertama, cukup mendaftar 5 atau 10 forum terkenal, tetaplah aktif, lakukan posting yang bermanfaat, tinggalkan URL Blog Anda ketika diperlukan, jangan melakukan spam, Anda akan mendapatkan banyak pembaca untuk blog Anda.

Untuk membuat blog Anda lebih sukses, Anda perlu terus menyediakan konten yang berkualitas tinggi, dan menemukan target audiens Anda, dan kemudian membagikan posting kepada mereka.

Konten yang berkualitas dan promosi yang tepat adalah Dua Cara yang Efektif untuk Menarik Pembaca Baru untuk Blog Anda

5 komentar

Traffic di vivalog memang cukup banyak traffic, tetapi traaffic hanya satu hari,pengalaman pribadi

Makasih atas infonya.
Wajib di coba nie

@Saling Indonesia dan @Dhavi Destiawan, Benar. Hal ini bisa di maklumi, sebab yang mengirim artikel ke vivalog sungguh sangat tidak terbayangkan banyaknya :). Dan artikel yang dikirim hari ini biasanya 2-3 hari kemudian baru di tampilkan (jika memenuhi syarat, tentu saja). Tetapi ini tidak berlaku jika artikel yang anda kirim benar-benar mempunyai Judul yang Eye-Catching dan bisa menarik minat pembaca (kontroversial mungkin? :D), dan berkaitan dengan event besar misalnya saja artikel kami yang pernah dimuat di vivalog dan bertahan di kategori terpopuler selama +- 2 minggu di bulan Agustus 2012 lalu :)

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan