2013/02/02

5 Cara Mudah Tingkatkan Performa PC [Komputer Anti Lelet]

5 Cara Mudah Tingkatkan Performa PC [Komputer Anti Lelet] -

5 Cara Mudah Tingkatkan Performa PC | Komputer Anti Lelet

Ketika performa dari PC Anda mulai terus menurun, misalnya kecepatan, hal pertama yang mungkin bisa Anda lakukan adalah langsung membeli komputer terbaru untuk menggantinya ( orang kaya :D ).

Akan tetapi, pada dasarnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan performa komputer Anda seperti saat pertama membelinya.

Tips ini ditulis berdasrkan artikel di Mashable.com menyatakan, terdapat beberapa cara mudah untuk mengembalikan performa PC anda yang menurun.

1. Pilih Program yang Penting
Jika Anda dapat menghabiskan secangkir kopi saat menunggu waktu komputer Anda untuk boot, saatnya untuk membuat beberapa perubahan. Kemungkinan besar komputer Anda melambat karena adanya puluhan program menyala secara bersamaan saat startup.

Untuk mengurangi gejala tersebut, Anda harus memilih untuk menonaktifkan program tertentu saat startup atau mencoba MSconfig yang terdapat pada Windows. Untuk menemukannya, buka Search atau Run melalui Start dan ketik "msconfig" di bawah tab "Startup". Hapus centang pada kotak dari program yang tidak perlu dijalankan setiap kali komputer dinyalakan, misalnya, iTunes atau printer Anda. Jika Anda tidak mengenali sebuah program, biarkan saja, lalu restart komputer Anda dan lihat hasilnya.

2. Bersihkan Data
Jika merasa sangat lambat dalam berselancar adalah masalah utama, ada beberapa perubahan mudah yang dapat Anda lakukan. Hapus data penggunaan internet anda pada History, Cookies, Cache, Download History. Untuk pencegahan lebih lanjut, ada baiknya Anda mencoba beberapa program aplikasi gratis untuk sementara menghapus file-file dari semua browser Anda.

3. Gunakan Aplikasi yang Ringan
Hal ini melibatkan lebih dari sekedar menghapus program yang tidak Anda gunakan lagi. Beberapa jenis program memerlukan tingkat komputasi yang tinggi, sehingga ada baiknya Anda menggantinya dengan program multifungsi yang menggunakan sedikit Random Access Memory (RAM). Saat ini sudah banyak aplikasi gratis yang dapat menggantikan program lama Anda dan mampu mempercepat PC Anda serta memberikan fitur tambahan pada waktu yang sama.

4. Mengotomatiskan "Updates" Anda
Update terkadang memang menjengkelkan, terkadang kita lebih memilih untuk menundanya sesuai keinginan kita. Akan tetapi, pada akhirnya Anda begitu frustrasi guna menyisihkan waktu untuk memperbarui segala sesuatu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membuka My Computer > Properties > Automatic Updates. Pastikan pengaturan yang anda pilih untuk Download dan Instal otomatis. Untuk benar-benar mengetahui program apa saja yang harus Anda perbaharui, Anda dapat meng-install program gratisan dari situs penyedia software gratisan di internet, untuk memberi Anda notifikasi aplikasi apa saja yang harus diperbaharui/update.

5. Melakukan Beberapa Upgrade
Jika Anda menyukai bermain game pada PC, investasi pada kartu grafis mungkin sesuatu yang wajib untuk Anda. Akan tetapi, Anda harus menyeimbangkan pula dengan spesifikasi Motherboard yang anda gunakan.

Cara paling efektif untuk meningkatkan performa PC Anda serta mendukung Anda untuk bermain game ialah dengan menambahkan kapasitas RAM (random access memory) yang lebih besar. Jika Anda memiliki RAM kurang dari 2GB, sudah jelas mana yang terlebih dahulu harus Anda upgrade, agar PC meningkat performanya

Update 06 Februari 2014: Malas melakukan itu semua dan/atau dana cekak? kenapa tidak mencoba PC Baidu Faster? :)

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan