2013/01/30

Polipo | Softtware pengganti Squid untuk Perorangan

Polipo | Softtware pengganti Squid untuk Perorangan - Anda tentu sudah mengenal Squid Proxy untuk cache, juga software alternatif lain yakni Handy Cache. Tapi masih ada lagi aplikasi yang cocok menjadi alternatif squid dan handy cache untuk perseorangan atau digunakan dalam kelompok kecil pengguna. Software ini adalah Polipo.

Polipo, adalah sebuah software proxy cache yang ringkas, cepat dan efektif untuk pengguna perorangan atau singgle user. Software ini cocok untuk pengguna modem Smartfren dan Flexy atau provider dial-up lainnya. Meski di rancang untuk pengguna tunggal, Polipo juga bisa digunakan bersama-sama dalam kelompok kecil, misalnya sebagai proxy cache dalam warnet kecil.

Polipo ini menggunakan metode yang unik, yakni Polipo akan menggunakan Pipelining HTTP/1.1 jika remote server (maksudnya web host dari suatu situs) mendukung pipelining. Jadi, otomatis kita mempunyai banyak saluran untuk arus data. Hal ini merupakan keunggulan tersendiri dibandingkan dengan Squid yang mejalankan koneksinya dengan koneksi persisten/konstan.

Polipo juga mampu menegoisasikan bentuk koneksi dari client (maksudnya komputer kita) ke remote server untuk menggunakan HTTP/1.1 meskipun web browser kita meminta koneksi HTTP/1.0. proses ini juga berjala otomatis. Jadi kita tidak perlu repot mengatur seperti saat menggunakan squid maupun handycache. Dan satu lagi, Polipo akan meneruskan meminta data meskipun secara tiba-tiba kita memutuskan koneksi kita. Sehingga ketika kita membuka kembali halaman itu sudah dalam kondisi ter-cache dan otomatis akan mempercepat waktu loading halaman (atau mungkin proses update software? misalnya, game online.)

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan Polipo sebagai Software Proxy Chace? File Installer Polipo ini juga sangat kecil, hanya sekitar 138 KB saja. Di dalam file zip tersebut juga ada panduan untuk instalasi dan konfigurasi-nya (dalam bahasa inggris tentunya). Untuk mendownload Polipo Installer anda bisa membuka halaman berikut : http://adf.ly/IEKWf atau klik tautan ini secara langsung. jika link tersebut sudah tidak berlaku buka halaman ini sebagai cadangan http://adf.ly/IEKww atau klik tautan ini. Tunggu lima detik, dan klik "Lewati" atau "Skip Ad" di pojok kanan atas halaman. Anda pun dapat mengunduh Polipo Proxy Cache.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan