2013/01/21

Megaupload Bangkit dari 'Kubur' | Ganti Nama Menjadi Mega

Megaupload Bangkit dari 'Kubur' | Ganti Nama Menjadi Mega - Situs file sharing Megaupload kembali bangkit dari 'kubur'. Setelah sempat ditutup pada Januari 2012 silam, Megaupload kembali dibangkitkan dengan nama baru yaitu Mega.

megaupload-mega.co.nz.jpg

Menurut pemilik situsnya, Kim Dotcom, Mega merupakan sekuel dari situs Megaupload yang memungkinkan pengguna mengunggah dan menyimpan file dalam bentuk apapun.

Meski sudah berganti nama, banyak pengguna tetap memanggil Mega dengan sebutan Megaupload. Situs Mega secara resmi sudah mulai online sejak pagi pada hari Minggu (20/1/2013) waktu setempat, sebagaimana posting dari BBC, pada hari Senin (21/1/2013).

Beberapa jam setelah situs Mega diluncurkan, Kim Dotcom memposting tweet bahwa situs ini telah mencatat 250.000 pendaftar. Data terbaru, pengguna situs Mega kini sudah mencapai 1 juta hanya dalam waktu 24 jam sejak diluncurkan.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, Mega dibuat lebih aman. Mega akan dienkripsi sehingga hanya orang-orang yang meng-upload data saja yang bisa mengakses situs ini, kata Kim.

Sama seperti Megaupload sebelumnya, data juga disimpan di cloud agar memudahkan pengguna untuk berbagi file dan mendapatkan file. Kim Dotcom juga menyebutkan bahwa setiap pengguna akan mendapatkan 50 Gigabyte (GB) kapasitas penyimpanan gratis.

Kim Dotcom juga mengklaim situs ini sudah sesuai hukum. Secara hukum, tidak ada alasan untuk menutup situs ini. Situs ini sah dan memiliki hak-hak untuk eksis seperti Dropbox, Boxnet dan pesaing lainnya, tandasnya.

Seperti diketahui, situs Megaupload sempat ditutup oleh pihak berwenang di AS pada Januari 2012 tahun lalu. Para pendiri situs dikenakan tuduhan pelanggaran undang-undang antipembajakan. Mereka dituduh telah merugikan para pemegang hak cipta sebesar US$ 500 juta.

Penggerebekan terhadap Megaupload dilakukan karena diduga banyak pengguna yang berbagi file dan membajak konten secara ilegal. Semua data milik pengguna disita oleh pemerintah AS.

Sebelum ditutup, Megaupload sempat memuat pernyataan yang menyangkal semua tuduhan dan menyebutkan kasus itu terlalu dilebih-lebihkan.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan