2013/01/28

Dr.Web LiveUSB | Membuat Live Emergency System Recovery

Dr.Web LiveUSB | Membuat Live Emergency System Recovery - pendrive.jpgEmergency System Recovery Dr.Web LiveUSB digunakan untuk membersihkan Virus dengan menggunakan Flasdisk/USB. Virus mempertahankan dirinya dengan membuat serangkaian perubahan pada system Windows dan Registry Window, tujuannya untuk mempersulit proses pembersihan. Virus tersebut biasanya membuat dirinya aktif meskipun booting pada safe mode maupun safe mode with command prompt. Misalnya virus Sality dan Ramnit yang bisa melakukan hal tersebut dan menginfeksi file .exe sehingga sulit untuk membersihkannya.

Cara yang paling efektif adalah melakukan pembersihan pada mode di mana virus tidak akan aktif sehingga proses pembersihan lebih optimal seperti pada mode DOS atau menggunakan tools bootable seperti Dr.Web LiveCD (menggunakan CD) dan Dr.Web LiveUSB (Menggunakan Flashdisk).

Sama seperti Dr.Web LiveCD, Dr.Web LiveUSB juga dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan/scan terhadap komputer atau laptop dari kemungkinan adanya virus atau program berbahaya lainnya karena sudah sudah dilengkapi dengan program scanner/antivirus yang sudah terintegrasi tanpa harus melakukan instalasi dimana kamu dapat mengupdate databasenya (terkoneksi internet) sehingga dapat mengenali virus-virus baru.

Cara membuat Emergency System Recovery Dr.Web LiveUSB

1. Download Dr.Web LiveUSB terlebih dahulu
2. Siapkan USB Flasdisk minimal 256 MB dan sambungkan ke komputer/laptop
3. Klik 2x file Dr.Web LiveUSB (drwebliveusb.exe) yang sudah didownload sampai muncul pilihan USB Flash yang akan dijadikan Dr.Web LiveUSB

img_tutorial_Dr.Web_LiveUSB-1.jpg

4. Pada menu “Selected a USB drive”, pilih USB Flash yang akan dijadikan Emergency Disk Dr.Web LiveUSB

img_tutorial_Dr.Web_LiveUSB-2.jpg

5. Pilih opsi “Format USB drive before creating Dr.Web LiveUSB”, jika kamu mau Flasdisk di format terlebih dahulu atau hilangkan tanda centang jika tidak ingin memformat USB Flasdisk tersebut.
6. Klik tombol [Generate Dr.Web LiveUSB] untuk memulai membuat Dr.Web LiveUSB. Jika pada langkah sebelumnya mencentang opsi “Format USB drive before creating Dr.Web LiveUSB” maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah, Klik Yes.

img_tutorial_Dr.Web_LiveUSB-3.jpg

7. Tunggu beberapa saat sampai proses dilakukan

img_tutorial_Dr.Web_LiveUSB-4.jpg

8. Klik tombol [Exit] jika proses pembuatan Dr.Web LiveUSB selesai dilakukan

img_tutorial_Dr.Web_LiveUSB-5.jpg

9. Sekarang Dr.Web LiveUSB kamu siap digunakan untuk membersihkan virus

Selain Dr. Web Live USB, anda juga bisa membuat LiveUSB OS Linux SystemRescueCD dan menggunakannya untuk penyelamatn sistem.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan