2012/12/30

Slax 7.0.2: Sistem Operasi Portable yang Fungsional

Slax 7.0.2: Sistem Operasi Portable yang Fungsional - Slax adalah sistem operasi berbasis Linux live. Live berarti berjalan dari media eksternal tanpa memerlukan instalasi permanen dalam hardisk. Slax booting dari perangkat USB mass storage seperti USB Flash Drive serta dari hard drive biasa dan CD / DVD disc.

slax-linux-portable.png

Cukup colokkan perangkat anda (entah itu USB Flashdisk, CD/DVD) dan anda bisa mem-boot dari media itu. Seluruh sistem operasi Slax berada dalam satu direktori /slax/ pada media yan sudah Anda install, sehingga lebih mudah untuk mengatur data-data Anda yang lain.

Slax memberikan lingkungan desktop KDE4 yang sudah dikonfigurasi untuk tugas yang paling umum. Termasuk aplikasi dan alat atau tools untuk pemulihan data (Data Recovery), pemutaran file-file multimedia (Multimedia Player), instant messaging (maksudnya e-mail dan chat), web dan banyak lagi fitur-fitur lainnya. Slax memiliki dukungan zram yang diaktifkan secara default. zram merupakan teknologi baru untuk kompresi RAM otomatis. Karena itulah, Slax dapat berjalan pada komputer dengan sepesifikasi paling rendah 48MB RAM (dalam mode teks). Anda juga dapat menempatkan Slax pada berbagai filesystem yang berbeda, termasuk EXT (ext2, ext3, ext4), btrfs, dan bahkan FAT dan NTFS yang notabene adalah milik Windows.

Ketika Slax dijalankan dari media yang read-only seperti CD / DVD, Slax akan menjadi beku dari semua modifikasi, sistem memori, dan semua modifikasi akan hilang ketika anda reboot. Tetapi, jika Anda menjalankan Slax dari perangkat yang bisa ditulisi seperti USB Flash Drive, Slax dapat menyimpan semua perubahan yang sudah anda lakukan, sehingga semua konfigurasi dan modifikasi akan disimpan dan dijalankan lagi saat anda boot, bahkan meskipun anda mem-boot-ing Slax pada komputer yang berbeda. Fitur inilah yang dikenal sebagai Perubahan Persistent (Persistent Change) dan Anda dapat membaca lebih lanjut tentang hal ini di halaman dokumentasi slax.

Versi paling baru dari sistem operasi Slax Linux saat saya menulis artikel ini adalah versi 7.0.2 yang tersedia dalam arsitektur 32bit dan 64bit. Dalam halaman downloadnya, Slax juga menyediakan file ISO dan file Zip. File ISO ini untuk membuat CD Bootable, sedangkan file Zip digunakan untuk membuat USB live operating system. Slax, dengan dukungannya terhadap berbagai jenis Filesystem bisa anda gunakan untuk menyelamatkan data dalam hardisk dengan filesystem apapun.

Slax juga tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang berat dan tinggi. untuk bisa mengoperasikan Linux Slax, anda cuma harus punya prosesor i486 untuk 32bit dan prosesor x86_64 dengan RAM 48 MB(32bit) atau 64MB (64bit) dalam text-mode) atau 256 MB ketika menjalankan dari KDE Dekstop (GUI). dan yang terpenting adalah media removable dengan kapasitas minimal 256 MB untuk instalasi Linux Slax ini. Ringan kan?

Untuk mendapatkan versi paling baru dari Slax Linux, anda bisa bmembuka halaman download. Atau langsung dari link berikut (US-en):


ISO 32bit (CD/DVD Image) dan Zip 32bit(USB Live)
ISO 64bit (CD/DVD Image) dan Zip 64bit(USB Live)

Mengenai cara install Slax Linux di USB Flashdik, saya juga pernah membuat semacam panduan singkat jika anda ingin meng-instal Linux Slax ketika masih versi 6.x.x. Tapi saya rasa langkah-langkah instalasinya tidak berubah dan masih relevan.

http://www.idlohulhaq.com/2012/12/slax-sistem-operasi-portable-yang-fungsional.html

1 komentar

Mantap gan infonya ^^ hehehe

Koment back ya^^

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan