2012/12/16

Review: SanDisk Extreme Pro, Memori Handal untuk Android

Review: SanDisk Extreme Pro, Memori Handal untuk Android - Pengguna perangkat genggam Android tak bisa dipungkiri membutuhkan memori tambahan yang cukup bisa diandalkan, dari sisi kapasitas maupun kecepatan baca dan tulisnya.



Pasalnya, beragamnya aplikasi serta fitur di dalam perangkat Android seringkali membuat penggunanya menjejalkan banyak aplikasi. Belum lagi jika perangkat genggamnya digunakan memutar film HD.
Dari sekian banyak kartu memori SD tambahan untuk Android, dalam ujicoba Secure Digital High Capacity (SDHC) Extreme Pro besutan SanDisk dengan kapasitas 8GB. Memori yang ditujukan untuk pengguna tablet dan smartphone Android ini diklaim punya kemampuan tahan air garam di kedalaman sampai 1 meter dengan lama 72 jam. Selain itu juga dikatakan bisa bertahan dari temperatur mulai minus 13 sampai 185 derajat Farenheit.

Kartu memori termasuk ke dalam SD Card Class 10 dan dikeluarkan SanDisk dalam versi 8GB serta 16GB. Merujuk pada hal tersebut, kartu ini memiliki kecepatan baca dan tulis minimum pada 10 MB per detik. SanDisk sendiri mengklaim kartu SDHC Extreme Pro besutannya memiliki kemampuan baca maksimal pada 95MB per detik. Namun, walaupun tidak mencapai kecepatan maksimal tersebut, kinerja yang dihadirkan untuk baca tulis data pun sudah baik.

Setelah mencoba menyematkannya ke dalam smartphone Android Samsung Galaxy Chat dan menemukan kinerja yang baik. Kami memotret lima gambar berturut-turut dan menyimpannya ke dalam kartu memori SanDisk SDHC Extreme Pro 8GB yang telah terisi 2,9GB.

Ketika mengakses gambar-gambar tersebut langsung dari menu kamera, kami hanya memerlukan waktu loading sekira satu detik. Sedangkan menggunakan kartu memori SD SanDisk 4GB Class 4 membutuhkan waktu sekira 3 detik untuk loading foto dengan jumlah yang sama.

Sementara itu ketika mencoba untuk memindahkan video sebesar 2,9GB dari PC ke memori SDHC Extreme Pro 8GB, menghabiskan waktu sekira 3 menit 19 detik. Menggandakan data tersebut dari memori ke dalam PC membutuhkan waktu yang lebih singkat yaitu 2 menit 44 detik.

Sebagai perbandingan kami mencoba menggandakan data video sebesar 2,9GB dari PC ke memori SD Class 4 menghabiskan waktu sekira 10 menit 46 detik. Ketika memindahkan data tersebut ke arah sebaliknya, dari memori SD ke PC, menghabiskan waktu sekira 2 menit 48 detik.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan