2012/11/09

Upgrade LG Optimus GT540 ke Android 4.1.1 Jelly Bean

Upgrade LG Optimus GT540 ke Android 4.1.1 Jelly Bean - --menggunakan JellyBeanSwift custom ROM

UPGRADE LG OPTIMUS GT540 KE ANDROID 4.1.1 JELLY BEAN  menggunakan JellyBeanSwift custom ROM

Launching OS Android JellyBean begitu menggema ke seluruh jagat maya hingga di dunia nyata juga banyak manufaktur yang menyambut dengan meluncurkan produk-produk atau gadget terbarunya dengan menyandang OS Android JellyBean. Berbicara mengenai JellyBean ini, LG Optimus GT540 juga kebagian jatah update JellyBean. Namun bukan dari pabrikan resminya yakni LG. Tetapi dari forum Developer Android paling aktif; XDA Developers. LG Optimus GT540 bisa diupdate dengan CyanogenMod

Meskipun LG Optimus GT540 ini tergolong jadul dengan hardware tua yang berperforma pas-pasan, XDA Developers tetap memberikan update dan dukukungan dengan Proyek Custom ROM-nya yang dinamai Project JellyBeanSwift, yang didasarkan pada CyanogenMod 10. Bagi yang masih mempunyai LG Optimus GT540 seharusnya bisa tersenyum :). Custom ROM ini diracik oleh anggota XDA yang mempunyai user id miroslav_mm. (Selain versi milik miroslav, juga masih ada versi lain untuk GT540 yang berbasis Jelly Bean. Yang satunya lagi dirilis oleh XDA member yang ber-user id DevSwift1)

Tapi jangan berharap terlau banyak dari Custom ROM ini, sesuai dengan penjelasan dari miroslav sendiri dan pengaaman saya sendiri bahwa masih ada beberapa dari fiturnya masih belum bisa berjalan secara normal. Misalnya, Bluetooth, Wi-Fi, dan USB tidak berfungsi dengan baik. Kamera juga tidak bisa digunakan. Saya sempat malu ketika beberapa teman meminta saya mengambil foto dan kameranya tidak nyala (menutup dengan sendirinya). Jadi, Jika ingin mencoba silahkan saja menggunakan Custom ROM ini. Tetapi seluruh resiko anda tanggung sendiri :)

Tutorial Instalasi


Perlu diketahui, bahwa informasi dan instruksi atau tutorial ini adalah untuk kepentingan pembelajaran saja. Saya juga tidak menjamin bahwa indstruksi ini juga berjalan dengan baik di gadget atau LG Optimus GT540 anda, tergantung dari kondisi secara spesifik dari gadget anda. Jadi gunakan dengan resiko anda tanggun sendiri, yang jelas saya sudah mencoba dan berhasil (tetapi saat ini saya kembali menggunakan Cyanogen7 karena beberapa fitur yang belum berjalan dengan baik).

Yang perlu anda siapakan adalah:

  • LG Optimus GT540 yang sudah di-install ClockworkMod Recovery
  • Download Project JellyBeanSwift (xda-cm-10.0.0-RC0-JellyBeanSwift-24072012.zip, 205 MB) terlebih dahulu.
  • Backup semua data pribadi dalam smartphon android anda agar data anda bisa di gunakan kembali (mis., contact, SMS, MMS, Internet setting, password Wi-Fi, dan lain-lain) karena prosedur instalasi ini akan menghapus seluruh data yang ada dalam Smartphone anda (sudah PASTI).

Langkah Instalasi
  1. Salin Project JellyBeanSwift yanberupa file ZIP dan letakkan dalam sdcard (memory external).
  2. Matikan Ponsel.
  3. Booting kedalam mode ClockworkMod Recovery. anda bisa melakukan ini dengan menekan terus tombol home dan power secara bersamaan sampai masuk mode ClockworkMod Recovery. Gunakan tombol volume di samping kiri untuk navigasi (pada GT540 saya kbetulan tidak berfungsi, jadi say menggunakan tombol home saja) dan tombol Power untuk memilih option (dalam kasus saya menggunakan tombol call).
  4. Buatlah NANDroid backup dari ROM sistem yang sekarang (belum di upgrade) sehingga anda bisa mengembalikan ke ROM asli anda jika terjadi sesuatu yang tidak di-inginkan. Untuk melakukan bac-kup, pilih opsi Backup and Restore dalam mode ClockworkMod Recovery, dan pilih Back-up lagi pada halamn selanjutnya.
  5. Kembali ke menu utama dengan setelah proses back-up selesai.
  6. Kemudian pilih opsi Wipe data/factory reset, kemudian pilih yes untuk menghapus data, jangan kuatir, data anda sudah terbac-up pada langkah sebelumnya kan?.
  7. Pilih Install ZIP from SD card.
  8. Pilih Choose ZIP from SD card, dan arahkan ke file ZIP dari Project JellyBeanSwift ZIP yang sudah anda salin ke sdcard sebelumnya. Pilih Yes untuk melanjutkan. Proses ini memakan waktu sekitar 5-10 menit. Jadi sabar saja untuk menunggu (Jika lebih dari 20 menit saya sarankan agar mencabut baterai dan memulai dari langkah ke 7

Selamat deh..! anda sudah berhasil meng Upgrade LG Optimus GT540 ke Android 4.1.1 Jelly Bean custom ROM, based on CyanogenMod 10.

2 komentar

Ini posting lawas, yang terbaru sudah CM 10 dengan kernel 2.6.35, Jellybean Mod 4.1.2. dan sudah stabil. ROM bisa di dapatkan di XDA Developers

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan