2012/09/29

Cara Baru dan Mudah Install Android di PC

Cara Baru dan Mudah Install Android di PC - Cara Mudah Install Android di PC
Kalau beberapa hari yang lalu saya telah memaparkan beberapa cara meng-install Android OS di PC, maka kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara menginstall Android ke Personal Computer (PC) sengan simulator secara khusus. Jika anda pembaca baru dari blog ini, anda boleh melihat artikel sebelumnya yang berjudul Meng-Install Android, di PC

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda tidak perlu lagi membeli gadget Android secara langsung jika hanya ingin mencoba fitus basic dari Android. Hanya saja, didalam Aplikasi ini kita tidak bisa menikmati beberapa fitur asli gadget Android seperti Market untuk meng-install aplikasi-aplikasi yang keren.

Sebelum proses install Android Simulator, anda harus mempersiapkan beberapa hal dan ada beberapa yang harus anda download terlebih dahulu:

  1. Download dan Install terlebih dahulu Java di http://java.com/en/.
  2. Android SDK Setup yang bisa di-download melalui situs resmi Android.
  3. Koneksi Internet yang cukup, karena kita akan mend-download Platform Android dengan kapasitas yang cukup besar.
Langkah-langkah:
  1. Ekstrak File Zip Android SDK yang sudah telah kita Download tadi, kemudian jalankan file SDK MANAGER.EXE.
  2. Akan keluar Jendela Command, tunggu beberapa saat maka aplikasi akan keluar.
  3. Disana kita bisa melihat beberapa Nama-nama Android yang sudah di update, pilih salah satu jenis Android yang ingin anda coba (saran saya, Coba satu saja karena tidak akan bisa di jalankan sekaligus). Kemudian klik Install Package.
  4. Instalasi  Emulator Android
  5. Tunggu beberapa saat, proses men-download paket Android yang anda pilih sedang berlangsung. Jika proses installasi telah selesai, maka akan muncul beberapa notifikasi yang memberitahukan bahwa Installasi telah selesai di download. (langkah ini bisa anda lewati jika sudah pernah membaca artikel Meng-install Android OS di PC sebelumnya)
  6. Pilih menu Tools>Manages AVDs. Maka akan keluar Android Virtual Device Manager. Klik New pada pilihan di kanan, kemudia aturlah dan isi kolom-kolom sesuai dengan Jenis Android yang kita pilih tadi, lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar dibawah ini.
  7. Klik satu kali pada nama device yang baru kita buat lalu klik menu START.
  8. Bersabar saja menunggu, karena Android sedang mempersiapkan Tampilannya.

Cara Mudah Install Android di PC
Setelah selesai maka anda bisa melihat tampilan Jenis Android yang ada pilih tadi, pada gambar di samping, saya mencoba menggunakan Android 1.5 .

Sekarang, anda bisa mencoba sistem operasi yang terkenal ini tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dan berkesempatan menjadi pengembang software Android.
Dalam Android Simulator ini kita juga dimungkinkan untuk mencoba Android terbaru versi 4 Ice Cream Sandwich.

Bagaimana menurut anda? Cukup menarik bukan? Anda juga bisa membaca artikel yang sama di artikel ini, hanya lebih jadul :)

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan