2012/09/09

10 Tool Command Line/Terminal Terbaik

10 Tool Command Line/Terminal Terbaik -

Mengetikkan perintah ke terminal/command mungkin tampak membosankan, tetapi dengan tool-tool Command Line terbaik ini, baris-baris perintah yang membuat pening bisa menjadi lebih menarik. Berikut adalah 10 Tool Command Line favorit (diurut terbalik) untuk baris perintah yang bisa melakukan hal-hal yang keren yang tidak bisa Anda lakukan di GUI.

Catatan: Tutorial dan Video pada halaman ini adalah Linux-sentris, perintah ini berguna untuk semua orang. Pengguna Mac juga dapat menggunakan perintah-perintah ini di Terminal Mac, dan pengguna Windows dapat mencoba Cygwin yang mirip seperti terminal yang ada di UNIX. Yang juga perlu dicatat, bahwa tidak setiap tool terinstal pada setiap sistem operasi, sehingga Anda mungkin perlu menginstal sendiri sebelum Anda mencicipi-nya.

10. Top
Ketika komputer Anda mulai membeku (freeze) atau nge-lag, terasa lambat, atau berperilaku aneh, dengan perintah top dapat membantu Anda melakukan pengaturan secara langsung. Dengan hanya mengetik atas ke terminal, Anda bisa melihat daftar setiap program yang berjalan pada sistem Anda, serta seberapa banyak sumber daya sistem anda yang digunakan. Kemudian, jika Anda menemukan salah satunya hilang atau sedikit kacau, Anda dapat mematikan prosesnya dan mengembalikan sistem anda menjadi normal dengan sendirinya dengan cepat. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik dan Anda tidak perlu menunggu untuk setiap jendela program atau tampilan grafis yang tidak perlu. Lihat pengenalan singkat untuk menggunakan TOP, dan jika Anda ingin sesuatu yang sedikit bersahabat, Tool TOP merupakan utilitas pengganti yang cukup bermanfaat.

9. Ifconfig

Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer di rumah Anda, kemungkinan Anda akan perlu untuk melakukan ke dalam pengaturan jaringan Anda dari waktu ke waktu. Mengetahui jaringan Anda dapat membantu Anda mengendalikan HTPC Anda , pemantauan download BitTorrent Anda, atau berbagi file antar komputer. Ketika saat itu datang, ifconfig akan menjadi teman terbaik Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda alamat IP komputer Anda, alamat MAC Anda Ethernet dan Wi-Fi kartu, dan satu ton lebih. Lihat ini untuk ifconfig untuk mengetahui cara menggunakannya.

8. Chmod & Chown

Setiap sekali, dalam beberapa kesempatan, Anda akan mendapati sebuah notifikasi access denied ketika mencoba untuk mengakses fileadalah hal yang menyebalkan. Menjalankan chmod akan mengedit izin file apapun, memberikan akses Anda membaca, menulis, dan/atau menjalankan file yang diberikan sesuai dengan spesifikasi yang Anda tentukan. Anda dapat melakukan-nya dari GUI, namun chmod sedikit lebih baik, terutama jika Anda bekerja dengan beberapa file. Untuk melihat bagaimana menggunakannya, lihat panduan untuk Chmod dan saudaranya Chown , yang membantu Anda mendapatkan ototoritas penuh dari sebuah file.

7. SSH

Mengapa membuat sebuah full screen sharing system ketika yang perlu Anda lakukan hanya memeriksa satu hal yang sederhana? SSH menghubungkan Anda ke komputer lain dan memungkinkan Anda menggunakan terminal seolah-olah Anda sedang duduk tepat di depannya layar komputer tersebut. Anda dapat memeriksa proses yang berjalan, modifikasi izin/otoritas, dan akses file komputer yang diremote dari komputer yang ada di depan Anda. SSH juga dapat melakukan hal-hal lain, dari mengendalikan home-server yang tanpa monitor hingga mengenkripsi data browsing web pada koneksi yang kurang aman. Dan, bahkan dapat membantu Anda mengelola Jailbroken Anda pada perangkat iOS.

6. Wget

Anda dapat dapat mebuka sebuah situs web dan mendownload file dalam satu klik, tetapi jika Anda ingin secara serius menangani proses download Anda wget adalah yang tool terbaik untuk pekerjaan itu. Dengan beberapa penekanan tombol Anda dapat secara otomatis men-download semua musik pada situs web, melanjutkan download yang terus menerus, atau bahkan ketika anda sedang men-download "Gambar Astronomi of the Day" milik NASA. Lihat panduan untuk menguasai wget untuk melihat apa yang bisa dilakukan tool kecil ini.

5. Vi dan Vim

Meskipun semua tool 'tulis-menulis' yang canggih di luar sana, teks biasa masih salah satu cara yang paling berguna untuk mengelola informasi. Hal ini dapat digunakan untuk membuat to-do list yang serbaguna , membantu Anda men-tweak pengaturan untuk aplikasi favorit Anda, atau bahkan membantu Anda membuta sebuah situs web secara keseluruhan. Sementara ada banyak editor teks yang lebih mentereng, di luar sana, banyak power-user yang memuja Vi dan Vim. Vi dan Vim adalah editor teks command-line yang seluruhnya berbasis keyboard, yang memaksa Anda menavigasi blok besar teks hanya dengan beberapa penekanan tombol. Jika Anda menginginkan teks-editor alternatif yang mumpuni, editor ini solusinya, meskipun kurva belajar mereka. Untungnya, homepage-nya penuh dengan tutorial tentang cara penggunaannya.

4. Grep

Tidak semua baris perintah bersih dan sederhana. Kadang-kadang, Anda akan meng-edit sebuah program dan mendapatkan segunung teks sebagai hasilnya yang tidak mungkin untuk anda memilah satu-persatu. Untungnya ada grep yang dapat membantu Anda menemukan apa yang Anda cari. Grep endiri, dapat mencari teks apapun secara menyeluruh dalam sebuah file pada sistem anda untuk frase tertentu (misalnya grep todo.txt Laundry). Namun, kegunaan riil grep muncul bila digunakan bersama dengan perintah lain. Tidak dapat menemukan apa yang Anda cari dalam output dari Top? Anda dapat menggunakan grep untuk mencari baris-program yang Anda cari. Lihat tutorial untuk belajar bagaimana menggunakan grep, dan untuk menggabungkan dengan perintah lain, Anda hanya perlu belajar ...

3. Pipe

Pipe bukanlah nama alat tertentu, melainkan kelas alat yang membantu Anda mengirim output dari satu perintah ke perintah lain. Ambil contoh kita dari Grep, di mana kita ingin menemukan sesuatu yang spesifik dalam output dari Top. Untuk melakukan ini, Anda tinggal mengetikkan top-l 2 | grep firefox. simbol | menyalurkan output dari top ke grep, yang kemudian melakukan pencarian untuk firefox dan memberikan kepada Anda informasi yang relevan. Anda juga dapat menyalurkan output dari perintah ke file teks dengan simbol >, seperti: ifconfig> myip.txt. Untuk lebih banyak contoh bagaimana menggunakan pipe, cek baris perintah primer untuk pemula ini.

2. Find

Tidak seperti grep, yang mencari teks dalam file, Find adalah alat yang membantu Anda menemukan file berdasarkan kriteria seperti nama file, tipe file, atau kapan file itu terakhir kali diedit. Ini jauh lebih berguna daripada pencarian tradisional Spotlight atau Windows search, dan salah satu cara terbaik untuk menemukan file dengan cepat pada komputer Anda. Ditambah lagi, jika Anda ingin mencari sesuatu di dalam file, Anda dapat menyalurkan output Find ke Grep dengan Pipe. Untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan, baca tutorial yang sangat oke ini untuk melihat perintah-perintah dalam Find .

1. Apt-Get dan Package Managers lain

Jika Anda capek membuka web browser dan mengunjungi situs web hanya untuk men-download sebuah program, manajer paket adalah kado yang lebih menyenangkan daripada hadiah dari pacar anda :D. Paket manajer-seperti apt-get Ubuntu, pacman Arch Linux, atau homebrew OS X menjadikan proses instalasi menjadi lebih efisien. Dengan package managers tersebut, Anda dapat mencari database besar aplikasi, serta men-download dan menginstal aplikasi-aplikasi tersebut dengan hanya beberapa klik saja. Yang perlu Anda ketahui hanyalah nama dari aplikasi yang Anda inginkan. Ini bahkan akan memasang prasyarat yang Anda butuhkan untuk aplikasi-misalnya Java-sehingga Anda tidak perlu melakukannya sendiri. Manajer Paket apa yang digunakan, umumnya tergantung pada OS-nya, Googling untuk mencari tahu manajer paket apa yang yang tersedia untuk sistem-operasi Anda dan apa saja aplikasi yang tersedia di repositori-nya.

Jika Anda sudah benar-benar bosan dengan GUI, lihatlah unconventional command line apps dan jika Anda belum melakukannya belum, pastikan untuk membaca tentang become a command line ninja with time-saving shortcuts.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan