2012/06/26

Hacker atau Cracker - Definisi dan Persepsi

Hacker atau Cracker - Definisi dan Persepsi - PROLOG
Banyak dari kita yang salah persepsi apa sebenarnya arti dari HACKER. Kebanyakan dari kita menyangka bahwa DEFACER, CARDER, PHREAKER itu HACKER. Persepsi itu tidak sepenuhnya salah. Tapi lebih tepatnya lagi jika DEFACER, CARDER, PHREAKER itu kita golongkan sebagai CRACKER alias perusak. Baiklah, kita coba luruskan satu persatu.

Hacker dan Cracker

Hacker

Istilah ini muncul kira-kira muncul pada awal tahun 1960-an di sekumpulan mahasisma MIT. Kata bahasa Inggris "hacker" pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah dirancang sebelumnya. kata HACKER sendiri sering di artikan sebagai PERETAS, yakni pencari jalan pintas. Yang dimaksud jalan pintas disini adalah membuat sebuah program atau proses menjadi lebih cepat daripada harus melalui tahapan-tahapan yang tidak penting atau bisa dikatakan sebagai "bypass". Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri sebagai HACKER, padahal BUKAN. Mereka ini adalah yang mendapat kepuasan lewat membobol sistem komputer dan mengakali telepon (phreaking). Peretas sejati menyebut orang-orang ini sebagai CRACKER dan tidak suka bergaul dengan mereka.

Cracker

Cracker sendiri mempunyai kemampuan 'hampir' setingkat HACKER. Namun lebih suka mendayagunakan kemampuannya untuk mengambil keuntungan pribadi. Sama halnya MANUSIA, Manusia bisa di sebut PENJAHAT, Penjahat ada yang kelas TERI ada yang kelas KAKAP.
Begitu juga CRACKER ada yang NEWBIE alias LAMER ada juga yang kelasnya agak naik sedikit menjadi SCRIPT KIDDIES dan di tingkat selanjutnya setelah terpublikasi bahwa dia mampu begini, mampu begitu, dia akan di puja-puja para newbie sebagai MASTAH, MASTER, DEWA, dan lain-lain.

Sehingga ada semacam istilah (bahasa jawanya: terminologi) yang menyebut Cracker sebagai BLACK HAT HACKER dan Hacker (sejati) sebagai WHITE HAT HACKER. Umumnya, setelah beberapa tahapan, ada juga Cracker yang berbalik arah menjadi Hacker sejati yang NO SHOW OFF, NO STEALLING, dan rela memberikan informasi apapun yang didapatkannya secara sukarela tanpa embel-embel apapun.

Etika Hacker

Sebagai tambahan agar kita bisa mengerti filosofi sebagai HACKER saya sertakan juga Kode Etik seorang Hacker, inlah KODE ETIK HACKER.
  • Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
  • Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan/lubang di keamanan yang anda lihat.
  • Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
  • Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
  • Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh.
  • selalu mengetahui kemampuan sendiri.
  • Selalu bersedia untuk secara terbuka/bebas/gratis memberitahukan dan mengajarkan berbagai informasi dan metoda yang diperoleh.
  • Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
  • Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
  • Tidak pernah secara sengaja menghapus dan merusak file di komputer yang dihack.
  • Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.
Jadi jika kamu mempunyai kemampuan 'seperti' seorang hacker (apalagi yang hanya setingkat script kiddies) tapi tidak memenuhi syarat diatas, jangan sebut dirimu HACKER. Sebut dirimu CRACKER=LOOSER=TAI KUCING. Hehehehe

Tingkatan Hacker

Nah di dalam dunia HACKING sendiri mempunyai tigkatan, yang kemudian muncul istilah umum untuk membedakannya, diantaranya:

Elite :

Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka memahami sistem operasi sisi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrograman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil,menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman yang dapat memasuki sistem tanpa terdeteksi, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data yang ditemui. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.

Semi Elite:

Hacker ini biasanya lebih muda daripada Elite.Mereka juga mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya (vulnerability)). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh hacker tingkat ini. Sialnya oleh para Elite mereka sering kali dikategorikan Lamer.

Developed Kiddie:

Sebutan ini terutama karena umur kelompok ini masih muda (ABG)dan masih sekolah. Mereka membaca tentang metode hacking dan caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil dan memproklamirkan kemenangan ke peretas lainnya. Umumnya mereka masih menggunakan Grafic User Interface (GUI) dan baru belajar hal dasar dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

Script Kiddie:

Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktifitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan hidup pengguna Internet.

Lamer:

Mereka adalah orang tanpa pengalaman dan pengetahuan yang ingin menjadi hacker (wanna-be hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang hacker dan ingin menjadi seperti mereka. Penggunaan komputer mereka hanyalah untuk main game, IRC, tukar menukar software bajakan dan mencuri kartu
kredit. Melakukan hacking menggunakan software trojan, nuke dan DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel (dan sekarang facebook). Karena banyak kekurangan untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai tingkat developed kiddie atau script kiddie saja.

SELESAI

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan