2012/06/01

Chrome Sebagai e-Book Reader - PDF Reader

Chrome Sebagai e-Book Reader - PDF Reader - Aplikasi yang paling umum dan paling kita kenal untuk membaca file/dokumen PDF (Portable Document Format), mungkin hanya Adobe Acrobat PDF dengan semua varian dan versinya. Mungkin juga kamu menggunakan aplikasi lain seperti Mobipocket Reader yang mensupport jenis file e-book lebih banyak. Nitro PDF, deJavu, dan banyak lagi yang lain. Yang sebagian besar adalah versi berbayar yang tentu saja dengan disertai fitur-fitur yang menarik. Ada juga Aplikasi e-Book Reader yang Free dengan keterbatasan fungsi dan (mungkin) ribet dengan notifikasi yang menyuruh kita meng-upgrade ke versi berbayarnya.

Kawan, seandainya kita tidak perlu menginstall aplikasi pembaca file/dokumen PDF, dan kamu disuruh membukanya apa yang kalian gunakan? Tidak bisa?

Kata siapa tidak bisa, tentu saja bisa.Tahukah kamu bahwa saya tidak meng-install satupun dari sekian aplikasi pembaca PDF yang saya sebutkan di atas? Kenapa? Karena Browser yang sering kita gunakan juga bisa digunakan untuk membaca file PDF termasuk yang kamu pakai sekarang :)

Browser yang biasa saya gunakan adalah Browser yang mulai di gemari dan menanjak naik popularitasnya juga mulai menyaingi Firefox milik Mozilla, dan IE milik Microsoft yaitu: Google Chrome. Browser lainnya mungkin tetap membutuhkan plugin atau add-on untuk bisa membaca sebuah file/dokumen PDF. Sedangkan Chromium tidak :)

Nah, silahkan download Browser Google Chrome dan install jika ternyata kamu belum punya. Selain bisa menggunakannya sebagai browser, kamu juga sekaligus bisa menggunakan Chrome sebagai pembaca file/dokumen PDF.

Contoh menggunakannya silahkan lihat screenshot, dan silahkan di simak cara singkat membuka file ber-ekstensi PDF berikut:
- Buka lokasi berkas/file PDF
- Klik kanan file yang ingin di baca, pilih menu Open with, Chose default program
- Langkah selanjutnya saya yakin kamu sudah bisa :) (untuk yang belum bisa silahkan dilanjut)
- Klik browse, Cari lokasi file exe dari Chromium, biasanya ada di "C:\Users\Idlohulhaq\AppData\Local\Google\Chrome\Application" pilih chrome.exe (ganti "Idlohulhaq" dengan username PC kamu)
Dan kamu pun sudah bisa membaca file dengan extensi PDF tanpa menggunakan aplikasi pembaca e-book yang terinstall.

Screenshoot
Chrome untuk membuka dokumen PDF

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan