2012/06/17

5 Kesalahan Terbesar Yang Sering Dilakukan Blogger

5 Kesalahan Terbesar Yang Sering Dilakukan Blogger - What Blog?Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana mengembangkan blog, atau mungkin kamu telah melakukan bloging untuk sejumlah kecil waktu tetapi melakukan blogging untuk mendapatkan penghasilan dan kemudian berpikir bahwa hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Kamu mungkin perlu menyisihkan sedikit waktu untuk mengetahui beberapa kesalahan 'khas' yang dilakukan blogger yang mempersulit sesuatu (blogging) yang seharusnya menjadi keahlian menyenangkan dan memuaskan.

Berikut ini adalah 5 Kesalahan Terbesar yang sering dilakukan Blogger:

  1. Tergesa-gesa dalam menulis
  2. Mengharapkan hasil yang instan
  3. Kehilangan fokus tulisan
  4. Menjiplak
  5. Tidak memikirkan audiens/pembaca

Tergesa-gesa dalam menulis
Kebanyakan orang begitu memaksakan diri untuk mulai menulis blog, mereka terburu-buru dalam proses pembuatannya daripada menulis dan menyusun blog secara bertahap dan penuh konsentrasi. Seseorang biasanya benar-benar tenggelam karena mereka tidak mengukur kedalaman air sebelum terjun kedalamnya. Kamu bisa menyamakan prumpamaan ini ketika terjun kedunia blogging. Kamu harus menentukan hal-hal yang penting untuk diperhatikan ketika pertama kali memasuki dunia blogging.
Membuat topik bahasan yang fokus di blog kamu. Yang menunjukkan pemahamanmu dan tingkat ke-antusias-anmu terhadap topik tertentu, yaitu cakupan artikel tentang apa yang ingin kamu tulis. Kemudian memutuskan posisi dan statusmu sebagai subjek dari tulisanmu. Mungkin sebagai penulis yang fokus membahas tentang pemerintaha, agama, teknologi, humor, olahraga, pola makan yang sehat, masalah kesehatan, dll.
Investasikan waktu untuk melihat-lihat blog lain sebanyak mungkin, mengamati warna atau coraknya, desain grafisnya dan lay-out dari blog-blog tersebut untuk mendapatkan konsep atau topik apa yang kamu sukai. Juga mengamati bahwa beberapa penulis menulis tulisan yang panjang, dan yang lain lagi menulis dengan singkat. Faktor utamanya adalah bahwa kamu hanya menulis apa yang orang ingin dengar, kecuali jika kamu hanya ingin blog internet sehingga Anda dapat melihat dengan jelas. Jagalah gaya bahasa kamu jika kamu ingin pengunjung situs/blogmu tetap berkunjung kembali.
Putuskan juga apakah kamu ingin menggunakan nama kamu yang sesungguhnya. Pertimbangkan apa yang kamu tulis. karena kamu mungkin tidak mendapatkan respons yang mungkin kamu harapkan, karena blogging adalah daerah yang sangat kompetitif. Untuk tahap awal, mulailah menulis dengan penelitian kata kunci yang benar untuk topik artikel yang kamu tulis.

Mengharapkan hasil yang instan

Jika Kamu memulai blogging dan mengharapkan hasil yang instan seperti blogger-bloger karbitan yang sekarang banyak bermunculan dan komentar-komentar untuk artikel kamu, kamu mungkin kecewa. Kamu bisa melihat bahwa ratusan ribu dari blog bersaing untuk mendapatkan pengunjung dari kategori situs yang sama. Kegigihan dan keuletan sangat penting untuk keberhasilan blogmu. Dengan menulis artikel dengan baik, melakukan perbaikan untuk beberapa kesalahan secara terus menerus, menggunakan judul yang menarik untuk artikel dan promosi yang terus menerus dari blog kamu. Maka blog kamu akan mendapatkan audiens dan komentar kamu harapkan.

Kehilangan fokus menulis

Jika kamu mengalihkan cakupan pembahasan artikel dari topik awal, kamu tidak akan fokus lagi. Pastikan untuk tetap mempertahankan tulisan artikelmu dengan topik bahasan yang konsisten untuk blogmu, ini juga demi pengunjung blogmu. Beberapa pengunjung akan kembali karena posting yang orisinil dan rata-rata mereka tidak menyukai blog yang berubah-rubah topik pembahasannya. Tidak masalah ketika harus merubah sedikit topik bahasan, tetap[i kamu harus tetap berpegang dengan konsep dasar penulisan blog-mu. Hal ini dapat menghindari persoalan yang sering dialami blogger : memulai lagi dari awal untuk membangun jaringan pembaca karena topik yang berubah.

Jika kamu ingin menulis tentang topik lain dikemudian hari, kamu hanya perlu membuat blog lain yang khusus membicarakan topik itu dan berikan link permanen ke blog baru kamu di blog lama kamu, agar pengunjung tahu bahwa kamu juga menulis artikel dengan topik lain di blog baru kamu.

Menjiplak

Jika kamu melihat sesuatu yang menarik dari blog lain atau mungkin sebuah artikel yang menurut anda menarik, jangan hanya menyalinnya secara mentah-mentah atau mencoba menggabungkannya dengan beberapa artikel lain yang hampir sama kemudian menerbitkan langsung di blog kamu. Kamu harus menulisnya dengan kata-kata Kamu sendiri dan jangan pernah memberikan link kredit atau apapun untuk penulis artikel itu. Kenapa? karena kredibilitas tulisanmu akan diragukan. Lain jika artikelmu itu adalah menjiplak mentah-mentah artikel itu, maka kamu harus menyebutkan kredit kepada penulis aslinya (paling tidak alamat situs/blognya). Dan jika kamu menulis artikel yang idenya didapatkan dari sebuah blog/situs tertentu tetapi menggunakan penalaranmu sendiri, rasanya cukup adil jika kamu hanya menyebutkan nama akunnya atau nama blognya saja.

Tidak memikirkan perspektif (sudut pandang) pembaca

Kamu harus bisa menjaga perasaan pengunjung dengan menghargai sudut pandang mereka yang berbeda-beda saat kamu melakukan blogging (menulis artikel untuk blog), kamu harus menjaga pengunjung agar tidak bosan. Dan jika situs (blog) kamu menerima komentar, maka cepat-cepatlah memberi respon komentar tersebut. Kamu harus menjaga pengunjung blog kamu tetap senang dan merasa di perhatikan. maka mereka akan mejadi pengunjung setia blog kamu. Hormati sudut pandang mereka, jangan menjatuhkan mereka dengan cara apapun dan berterimakasihlah jika ada yang memberi masukan atau bahkan kritik sepedas apapun.

2 komentar

informasine keren banget mas...
mudah2an bisa menjadi motifasi buat saya dan teman2 blogger lainya :)

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan