2009/10/25

Hacking Tool : Nmap (Network Mapper)

Hacking Tool : Nmap (Network Mapper) -


Nmap (Network Mapper) Adalah sebuah aplikasi atau tools yang dibuat oleh Gordon Lyon. Atau lebih dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich. Aplikasi Network Mapper digunakan untuk meng-audit jaringan yang ada. Dengan menggunakan tool ini, kita dapat melihat host yang aktif, port yang terbuka, Sistem Operasi yang digunakan, dan feature-feature scanning lainnya.

Pada awalnya, Nmap hanya bisa berjalan di sistem operasi Linux, namun dalam perkembangannya sekarang ini, hampir semua sistem operasi bisa menjalankan Nmap. Nmap atau Network Mapper tersedia berbagai versi, baik untuk Windows maupun Mac dan Linux. Sampai saat in tool ini masih selalu di-update dan Nmap telah mencapai versi 5.00 (saat artikel ini di tulis)

Meski Network Mapper sebenarnya berbasis teks atau CLUI (Command Line Interface, seperti DOS jika di Windows dan Terminal jika di Linux). Namun ada juga versi GUI-nya (Graphical User Interface) yakni ZenMap, yang lebih mudah untuk digunakan. ZenMap yang Nmap versi GUI ini berdasarkan UMIT, dikembangkan oleh Adriano Monteiro Marques

Download Nmap (Network Mapper) via 4Shared